Frank Wormuth Ditugaskan Cari Pemain Diaspora untuk Diseleksi saat Timnas U-17 TC di Jerman

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 30 Agustus 2023
Frank Wormuth Ditugaskan Cari Pemain Diaspora untuk Diseleksi saat Timnas U-17 TC di Jerman
Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jakarta. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti akan membawa 28 pemain dari Tanah Air untuk mengikuti pemusatan latihan atau training camp (TC) di Jerman pada bulan September dan Oktober 2023.

Saat ini, Timnas Indonesia U-17 bermaterikan 31 pemain. Nantinya, ada tiga pemain yang tidak diboyong ke Jerman.

Bima Sakti akan menjadikan laga uji coba kontra Korea Selatan U-17 malam nanti di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, sebagai salah satu penilaian. Kemudian untuk menggenapi pemainnya menjadi 30, Bima Sakti bakal mengundang pemain diaspora.

"Kami mendapat kesempatan untuk (TC) keluar nanti. Memang ini (uji coba melawan Korsel U-17) adalah salah satu bagian dari seleksi akhir (sebelum Piala Dunia U-17), dan rencananya kita akan membawa 28 pemain (ke TC Jerman), dan kita sisakan slot 2 karena kita akan memberikan juga nanti kesempatan buat pemain diapsora yang kami panggil," kata Bima Sakti.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-17 Berkekuatan 31 Pemain Hadapi Korsel U-17, Satu Diragukan

Timnas Indonesia U-17 Tantang Korea Selatan, Bima Sakti Tak Lihat Hasil Akhir

Namun, untuk kali ini, Bima Sakti memastikan bahwa proses pemilihan pemain diaspora akan selektif dan terukur. Bima Sakti tidak mau hanya melihat kemampuan mereka melalui video.

"Nah ini nanti coach Frank (Wormuth, konsultan pelatih Timnas U-17,Red) akan membantu (mencari pemain), karena beberapa pemain ini berasal dari Belanda, karena beliau juga tinggal di Belanda, beliau akan melihat langsung nantinya misalnya ada target satu atau dua pemain yang akan kita panggil untuk ke Jerman nanti, (jumlahnya) 2 slot."

"Itu dilihat dulu bagaimana kualitasnya, kemudian coach Frank 'kan sudah lama dengan kita di sini, dari mulai di Bali, kemudian di Solo, kemudian di Jakarta ini, dan dia sudah tahu (pemain seperti) apa yang dibutuhkan tim kita," ujar Bima Sakti.

Bima Sakti menambahkan, pemain diaspora yang nantinya diundang TC di Jerman akan diberi waktu satu minggu untuk menunjukkan kemampuannya. Jika tidak sesuai kriteria, Bima Sakti dan Frank Wormuth akan mencari pemain lain.

"Kalau memang enggak masuk kriteria kita, kita akan ganti terus karena dari segi akomodasi lebih mudah, informasi dari Frank itu hanya 2 jam perjalanan dari Belanda ke tempat kita latihan di Jerman," tuturnya.

Adapun persiapan ini dilakukan Timnas Indonesia U-17 untuk berlaga di Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Tanah Air. Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan pada 10 November sampai 2 Desember mendatang.

Timnas Indonesia U-17 Bima sakti Frank Wormuth Tc timnas Uji coba timnas Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.406

Bagikan