FIFA: Sepak Bola Indonesia Menuju Progres yang Betul

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 09 April 2024
FIFA: Sepak Bola Indonesia Menuju Progres yang Betul
Presiden FIFA Gianni Infantino bersama Ketum PSSI Erick Thohir. (PSSI)

BolaSkor.com - Induk Sepak Bola Dunia, FIFA, menilai sepak bola Indonesia menuju progres yang betul. Ini melihat beberapa event FIFA yang digelar di Indonesia, dan kenaikan ranking FIFA Timnas Indonesia.

Dalam beberapa bulan terakhir Indonesia disibukkan dengan kegiatan sepak bola. Di pertengahan November hingga Desember 2023, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, dan pada peringkat FIFA terakhir, Indonesia menjadi tim dengan peningkatan dan poin terbanyak, dari 142 ke-134.

Baca Juga:

Nova Arianto Geram Starting Eleven Timnas Indonesia U-23 Lawan UEA Bocor di Akun-akun Sosmed Sepak Bola

Timnas Indonesia U-23 Menang Tipis atas UEA, Shin Tae-yong: Seharusnya Bisa 3-4 Gol

“Gelaran FIFA U-17 World Cup tahun lalu di mana Indonesia menjadi tuan rumah mendapat efek pada pengembangan sepak bola di dalam negeri, khususnya infrastruktur. Terbukti saat ini banyak menyesiakan sarana bagi talenta-talenta muda untuk memperlihatkan kemampuan mereka di pentas global," ungkap pihak PSSI kepada FIFA Inside.

"Turnamen ini meningkatkan pengembangan dan pengenalan terhadap pemain yang krusial bagi perkembangan mereka. Dengan jumlah kehadiran yang luar biasa yakni 437,000 penonton, turnamen ini memancing ketertarikan dan partisipasi pada sepak bola khususnya anak-anak muda Indonesia sekaligus meletakkan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan olahraga yang berkelanjutan.”

PSSI
Presiden FIFA Gianni Infantino bersama Ketum PSSI Erick Thohir. (PSSI)

Sementara itu, PSSI mengapresiasi FIFA atas hal ini. "(Ini) adalah bukti upaya kolektif dan kemajuan yang dibuat dalam pengembangan sepak bola. Bangsa Indonesia dapat berbangga dengan pencapaian ini, yang menunjukkan bahwa langkah yang diambil sudah berada di arah yang benar," kata PSSI.

FIFA dan program FIFA Forward telah memainkan peran penting dalam pengembangan ini, baik di dalam maupun di luar lapangan. "Mereka telah secara aktif mendukung PSSI untuk meningkatkan sepak bola di tingkat nasional dan usia muda melalui berbagai inisiatif, termasuk peningkatan infrastruktur, sepak bola wanita dan pengembangan akar rumput," kata PSSI.

Hal ini termasuk pendirian pusat pelatihan yang canggih di ibu kota baru Indonesia, di mana FIFA Forward berkontribusi menambah dana pemerintah sebesar US$5,65 juta.

“Pusat pelatihan ini menandai tonggak bersejarah karena akan menjadi pusat pelatihan nasional pertama bagi Indonesia. Dijadwalkan selesai pada bulan Juni, pengembangan pusat pelatihan melalui FIFA Forward ini siap untuk merevolusi sepak bola di Indonesia," kata PSSI.

"Dalam satu atau dua tahun ke depan, fasilitas ini akan memiliki total delapan lapangan, dilengkapi dengan fasilitas terbaik yang dirancang untuk mendukung sepak bola di semua level. Kolaborasi dengan FIFA telah memicu upaya pendanaan bersama, terutama dari pemerintah daerah, yang semakin meningkatkan pengembangan fasilitas pelatihan utama ini. Upaya ambisius ini menandakan langkah signifikan untuk mengembangkan keunggulan sepak bola di Indonesia, yang menjanjikan untuk meningkatkan lanskap sepak bola negara ini ke tingkat yang lebih tinggi."

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Indonesia juga telah bergabung dengan FIFA Talent Development Scheme yang bertujuan untuk membantu Asosiasi Anggota FIFA mencapai potensi penuh mereka dengan memastikan bahwa semua pemain berbakat ditemukan dan diberi kesempatan untuk berkembang.

Proyek TDS PSSI yang dimulai pada tahun 2022 ini, telah mengidentifikasi 34 Direktur Teknik Regional di seluruh negeri dan melatih mereka untuk fokus pada akar rumput, pengembangan pemain muda, identifikasi bakat, dan pengembangan pelatih. Tahun ini, fokusnya bergeser pada pelatihan para direktur teknik untuk lebih memahami lingkungan pemain berbakat dan bagaimana mengembangkan mereka secara efektif.

Pssi Fifa Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.173

Bagikan