FIFA Perkenalkan Metode Tes Doping Baru

BolaSkorBolaSkor - Jumat, 06 Juni 2014
FIFA Perkenalkan Metode Tes Doping Baru
FIFA Perkenalkan Metode Tes Doping Baru

Nyon – Demi membersihkan Piala Dunia dari penyalahgunaan obat terlarang, FIFA meluncurkan metode tes kesehatan baru, yaitu semacam paspor biologis untuk setiap pemain yang akan berlaga di Brasil.

FIFA menjadi otoritas olahraga pertama yang menggunakan metode ini. Kini seluruh pemain yang terdaftar di skuat final masing-masing negara sedang diuji secara bertahap.

Profesor Jiri Dvorak, Direktur medis FIFA, dan Martial Saugy selaku Direktur Laboratorium LAD di Lausanne, Swis, bertanggung jawab terhadap analisis tes doping untuk Piala Dunia 2014.

“Kami memperkenalkan pendekatan baru ini dengan mengimplementasikan profil biologis,” ujar Dvorak dilansir web site resmi FIFA.

“Kami menguji seluruh pemain dari tiap tim secara rahasia sebelum kompetisi dimulai.”

Elemen yang diuji meliputi darah dan parameter steroid. Hasilnya akan dibandingkan dengan sampel dari Piala Dunia sebelumnya. Semua ini bertujuan mengontrol dan mendeteksi adanya penyimpangan penggunaan doping, yang sering dilakukan atlet untuk meningkatkan kinerja saat bertanding.

Dvorak mengaku langkah baru ini mendapat sambutan yang sangat positif dari para pemain maupun pelatih, karena bisa membebaskan sepak bola dari doping.

Sementara Saugy menegaskan, sejauh ini tidak ada tanda-tanda yang mengarah pada indikasi penggunaan obat terlarang dari para pemain.

“Hasil tes pertama masih rahasia dan tidak dipublikasikan, tapi tidak ada penyimpangan yang signifikan dari pemain-pemain tim besar,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, menurut statistik Badan Anti Doping Dunia, cabang sepak bola berada di urutan teratas dalam jumlah tes doping, sekitar 30 ribu tes per tahun, serta nomor satu dalam jumlah kasus positif dibandingkan cabang lain yang sangat rendah.

Piala Dunia Tes Doping Fifa
Ditulis Oleh

BolaSkor

Admin Bolaskor.com.
Posts

11.185

Bagikan