Exco PSSI Putuskan Liga 2 Musim 2022/2023 Dihentikan dan Liga 1 Tanpa Degradasi

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 12 Januari 2023
Exco PSSI Putuskan Liga 2 Musim 2022/2023 Dihentikan dan Liga 1 Tanpa Degradasi
Sekjen PSSI Yunus Nusi saat memberikan keterangan kepada awak media di GBK Arena, Jakarta, Kamis (12/1). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 yang baru berjalan beberapa pekan resmi dihentikan. Keputusan ini diambil dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang digelar di GBK Arena, Jakarta, Kamis (12/1).

Ada tiga faktor utama yang menyebabkan kompetisi kasta kedua di Tanah Air itu tidak bisa dilanjutkan. Satu di antaranya karena ada permintaan dari sebagian klub peserta.

Liga 2 musim ini diikuti 28 tim yang dibagi ke tiga wilayah, yaitu barat, tengah, dan timur. Sebelum dihentikan, klub-klub baru bermain 5-7 kali.

"Hal ini terjadi karena tidak ada kesesuaian konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antara klub dan operator serta pelaksanaan atau kelanjutan Liga 2 sangat sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 2023 dimulai pada 20 Mei 2023," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, kepada awak media di GBK Arena.

Baca Juga:

FIFA dan AFC Pantau Kongres Biasa PSSI di Jakarta

Bakal Calon Ketum PSSI Boleh Daftar meski KP Belum Terpilih, Ini Penjelasannya

Faktor berikutnya, kata Yunus Nusi, sarana dan prasarana dari klub-klub peserta Liga 2 musim ini belum memenuhi syarat yang diajukan oleh Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia.

Satgas berpatokan pada Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

"Perpol No. 10 Tahun 2022 mengamanatkan proses perizinan yang baru dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin, hingga bantuan pengamanan," ujar Yunus Nusi.

Sementara itu, untuk Liga 1 yang akan memasuki putaran kedua mulai 14 Januari mendatang, PSSI memastikan kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air bakal tetap berlangsung sampai selesai.

"Namun, Liga 1 tidak akan menerapkan degradasi karena menyesuaikan dengan Liga 2 yang tidak berjalan," ujar Yunus Nusi.

Adapun selain Liga 2, kompetisi di bawahnya yaitu Liga 3 yang akan memasuki putaran nasional juga, turut dihentikan pelaksanaannya.

Padahal sejumlah Asosiasi Provinsi (Asprov) sudah menyelesaikan putaran regional dan menghasilkan juara, seperti di Jawa Tengah, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

PT LIB PT Liga Indonesia Baru Pssi Liga 1 Liga 2 Yunus Nusi Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.382

Bagikan