Erick Thohir Tegaskan Tak Boleh Ada Pemain Titipan di Seleksi Timnas U-17

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 18 Juli 2023
Erick Thohir Tegaskan Tak Boleh Ada Pemain Titipan di Seleksi Timnas U-17
Ketum PSSI Erick Thohir saat memantau seleksi Timnas Indonesia U-17 di Bali. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi peserta seleksi Timnas Indonesia U-17 yang sudah berjalan di beberapa kota, dari 12 kota tujuan.

Salah satunya di Bali yang memecahkan rekor dengan kuota 947 pemain. Para peserta bukan hanya berasal dari Pulau Dewata, melainkan daerah Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Erick Thohir memastikan proses seleksi ini berjalan objektif. Dia menekankan agar tidak boleh ada 'titipan' dalam seleksi pemain.

“Semuanya harus sesuai kriteria," tutur Erick.

Selain untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia U-17 disiapkan untuk jangka panjang yaitu untuk Piala Dunia U-20 di tahun 2025.

Maka dari itu, selain dari tim yang saat ini sedang melakukan TC di Jakarta, PSSI juga memberi kesempatan kepada talenta-talenta di 12 Kota dan sekitarnya untuk bisa memberikan yang terbaik. 12 Kota yang dimaksud adalah Bandung, Palembang, Gianyar-Bali, Tangerang, Samarinda, Jakarta, Banjarmasin, Surakata, Medan, Surabaya, Manado, dan Makassar.

Baca Juga:

Bima Sakti Prioritaskan Pemain SSB di Indonesia ketimbang Diaspora

TC Timnas Indonesia U-17 Berlakukan Sistem Promosi dan Degradasi Setiap Pekan

Timnas Indonesia U-17
Ketum PSSI Erick Thohir saat memantau seleksi Timnas Indonesia U-17 di Bali. (PSSI)

Sementara itu, team scouting yang dipimpin Indra Sjafri menyebutkan ada beberapa hal menjadi penilaian team scouting Timnas Indonesia U-17. Pemain-pemain yang tidak memenuhi standar kualitas turnamen internasional akan disalurkan ke akademi-akademi sepak bola yang ada di Indonesia.

“Ada beberapa hal yang dilakukan dari kami sebagai team scouting dalam proses seleksi ini. kami mencari pemain yang benar-benar bisa disiapkan untuk pemain tim nasional," ujar Indra Sjafri.

"Kami melihat baru visual belum tes fisik, psikotest dan test IQ. Proses ini hanya baru melihat bagaimana individual taktikal dia (peserta seleksi), grup taktikal dan bagaimana tim taktikalnya dia,” imbuh Indra.

Sedangkan, pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti juga telah memanggil 34 pemain muda untuk menjalani seleksi di Jakarta. "Kerangka tim sudah ada, dan ini mencari tambahan kekeurangan-kekurangan yang ada di dalam tim," imbuh Bima.

Piala Dunia U-17 akan berlangsung di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Pssi Erick thohir Timnas Indonesia U-17 Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.092

Bagikan