Bima Sakti Prioritaskan Pemain SSB di Indonesia ketimbang Diaspora

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 18 Juli 2023
Bima Sakti Prioritaskan Pemain SSB di Indonesia ketimbang Diaspora
Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jakarta. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-17 melakoni internal game di lapangan ABC Senayan, Jakarta, Sabtu (14/7). Internal game berlangsung selama 2x40 menit.

Pada kesempatan tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti mencoba seluruh pemain untuk dimainkan. Saat ini, Skuat Garuda Muda masih dalam proses seleksi di pemusatan latihan (TC) di Jakarta hingga 28 Agustus mendatang.

"Materi latihan setiap akhir pekan ada internal game, dan ini sebenarnya kita baru dua hari latihan. Kondisi pemain memang belum sempurna, hal ini wajar karena ada pemain yang sudah lama tidak latihan. Ada beberapa pemain yang kram, ada yang kondisinya menurun, itu jadi evaluasi buat kita," kata Bima Sakti.

Baca Juga:

TC Timnas Indonesia U-17 Berlakukan Sistem Promosi dan Degradasi Setiap Pekan

Pemain Diaspora Tak Dijamin Lolos Seleksi Timnas Indonesia U-17

Pada seleksi TC awal ini, Bima Sakti memanggil 34 pemain, termasuk enam dari diaspora, yaitu pemain keturunan atau pemain yang tinggal di luar negeri.

Mereka di antaranya adalah Welberlieskott de Halim Jardim, Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Staffan Qabiel Horrito, Aaron Liam Suitela, dan Aaron Nathan Ang.

"Rencananya kita ada promosi degradasi karena ingin mencoba memberi kesempatan dari para pemain yang mengantri termasuk yang dari luar (diaspora) saat ini begitu banyak. Kita juga sudah melihat kondisi mereka-mereka yang telah diberi kesempatan," tambahnya.

Bima Sakti menegaskan dirinya hanya akan memilih para pemain terbaik yang sesuai kriterianya. Dia juga memastikan bahwa tidak ada jaminan enam pemain diaspora untuk lolos seleksi.

"Kalau memang mereka bagus dibandingkan anak-anak yang sudah ada, ya akan saya ambil. Kalau enggak, lebih baik kita ambil anak-anak lokal yang telah berjuang di akademi dan SSB (Sekolah Sepak Bola). Kita sudah sampaikan bahwa kriteria utama pasti kualitas. Kemudian sesuai posisi, (misalnya) postur tubuh harus seperti bek. Kiper mutlak (tingginya) 180 cm ke atas," tukas Bima Sakti.

Saat ini, PSSI juga sedang melakukan seleksi terbuka di 12 kota dengan dibantu oleh klub dan Asprov tuan rumah setempat. Nantinya para pemain yang terpilih akan bergabung di seleksi Timnas Indonesia U-17 di Jakarta pada awal Agustus mendatang.

Bima sakti Timnas Indonesia U-17 Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.088

Bagikan