Liga 1

Erick Thohir Minta PT LIB Siapkan Kalender Besar Kompetisi sampai 2027

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 04 April 2024
Erick Thohir Minta PT LIB Siapkan Kalender Besar Kompetisi sampai 2027
Erick Thohir memimpin rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang turut dihadiri Direksi PT Liga Indonesia Baru pada Rabu (3/4). (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, meminta PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menyusun penjadwalan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sampai musim 2027 secara terukur.

Hal ini supaya ke depan pelaksanaan dua kompetisi di bawah PT LIB itu tidak bentrok dengan agenda lain, terutama tim nasional atau timnas.

Musim ini Liga 1 dua kali mengalami penundaan. Pertama karena ada agenda nasional, yakni Pemilu dan kedua akibat mengalah dengan Timnas Indonesia U-23 yang menjalani persiapan menghadapi Piala Asia U-23 2024.

Akibatnya, seri reguler Liga 1 yang seharusnya berakhir pada akhir April ini kemungkinan besar akan molor sampai Mei, begitu juga babak championship series yang seharusnya dimulai awal Mei nanti.

"Saya meminta pak Ferry (Paulus, Direktur Utama PT LIB-Red) mesti bikin kalender besar (kompetisi) sampai 2027. Kita minta pak Ferry bikin rencana sampai 2027," kata Erick Thohir.

Baca Juga:

Rapat Exco Putuskan Kongres Tahunan PSSI Digelar 10 Juni 2024

PSSI Bakal Datangkan Wasit Jepang atau Inggris untuk Pimpin Pertandingan Liga 1 Musim Depan

Nanti PSSI akan menunjuk perwakilannya dari Komite Eksekutif (Exco) untuk duduk bersama PT LIB membahas lebih detail terkait hal tersebut. Erick juga akan melibatkan Badan Tim Nasional atau BTN yang dipimpin oleh Sumardji.

"Nanti dari Exco siapa yang (ditunjuk untuk) duduk dengan pak Ferry, nah saya ingin ada rembuk antara Liga (PT LIB) dengan PSSI, tentu BTN, mana yang kita berhenti mana yang kita enggak, tetapi sudah kita planning sampai 2027," tutur Erick Thohir.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Ferry Paulus. (PSSI)

Erick Thohir kemudian memberikan gambaran mengenai sejumlah agenda ke depan yang akan diikuti tim nasional, baik senior maupun kelompok umur.

Timnas Senior bakal tampil di Piala AFF 2024 yang kini berganti nama menjadi ASEAN Cup pada 23 November sampai 21 Desember 2024, lalu Timnas U-23 direncanakan mentas di SEA Games 2025 Thailand (9-20 Desember 2025) dan Asian Games 2026 Jepang (19 September-4 Oktober).

"Ada SEA Games (2025), berhenti atau enggak. Asian Games (2026), berhenti atau enggak. Ada AFF Club, AFF Tim Nasional, berhenti atau enggak," ucap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Pssi Erick thohir Liga 1 Liga 2 PT Liga Indonesia Baru PT LIB Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.473

Bagikan