Erick Thohir Ingin Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Bantu Timnas Indonesia Mulai November 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 27 Oktober 2023
Erick Thohir Ingin Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Bantu Timnas Indonesia Mulai November 2023
Jay Idzes saat memperkuat klubnya Venezia di Serie-B Italia. (Instagram.com/jayidzes)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan proses naturalisasi terhadap dua pemain keturunan, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On kemungkinan selesai paling lama pada Maret 2024.

Ini supaya kedua pemain tersebut bisa mulai memperkuat Timnas Indonesia pada laga ketiga dan keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua Zona Asia.

Timnas Indonesia dijadwalkan menjamu Vietnam pada 21 Maret 2024. Lima hari kemudian, atau pada 26 Maret 2024, giliran Skuad Garuda yang tandang ke markas Vietnam.

Namun, mengingat putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sudah akan dimulai pada November tahun ini (2023), Erick berharap Jay dan Nathan bisa lebih cepat bermain untuk Timnas Indonesia. Tim Merah-Putih akan menghadapi Irak pada 16 November dan Filipina 21 November.

Baca Juga:

Nathan Tjoe-A-On Bicara soal Adaptasi dan Harapan Debut di Swansea City

Timnas Indonesia Naik ke Peringkat 145 FIFA

"Untuk Jay Idzes dan Nathan, sedang kami usahakan untuk bisa bermain pada Maret tahun depan. Kalau bisa November ini, lebih bagus," kata Erick Thohir.

Nathan Tjoe-A-On saat diperkenalkan sebagai pemain Swansea City. (Instagram.com/nathantjoeaon)

Erick Thohir menjelaskan, PSSI sangat serius dalam mempersiapkan Timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Apalagi di dua laga awal, Skuad Garuda bakal menjalani laga tandang.

"Tapi itu bukan alasan. Kami mempersiapkan tim dengan maksimal," tutur Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Jika Jay Idzes dan Nathan sudah mengantongi paspor Indonesia pada November 2023, artinya mereka juga berpeluang tampil di Piala Asia 2023. Turnamen sepak bola bergengsi negara-negara Benua Kuning itu digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Timnas Indonesia Jay Idzes Naturalisasi Erick thohir Kualifikasi Piala Dunia 2026 Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.385

Bagikan