Erick Thohir Beberkan Terobosan PSSI dan PT LIB Jadikan Liga 1 seperti Premier League

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 16 Juni 2023
Erick Thohir Beberkan Terobosan PSSI dan PT LIB Jadikan Liga 1 seperti Premier League
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI bersama dengan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) melakukan berbagai terobosan untuk menjadikan Liga 1 2023/2024 lebih berkualitas dan menarik untuk ditonton.

Salah satunya semua klub Liga 1 harus memasang LED untuk menampilkan sponsor di pinggir lapangan. Ini jadi terobosan jangka pendek.

"Terobosan kali ini luar biasa, ini pertama kali seluruh klub punya LED, itu nyala. Enggak kalah keren sama Premier League," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Erick mengeklaim bahwa rating pertandingan Liga 1 jauh lebih bagus daripada Premier League. Berangkat dari data ini, Erick ingin menunjukkan bahwa Liga 1 bisa meningkatkan nilai komersialnya.

"Jadi visualnya juga (harus) lebih bagus. Ini salah satu terobosan LIB," papar Erick.

Kemudian untuk rencana jangka panjangnya, PSSI dan PT LIB akan menerapkan Video Assistant Referee atau VAR di setiap pertandingan Liga 1 2023/2024. Namun, program ini baru akan berjalan di putaran kedua nanti.

"Ini jadi pertunjukkan yang bisa standar internasional. Insyaallah di Februari (VAR) bisa jalan. Training dari Liga (LIB) sudah dimulai beberapa pekan ke depan," ucap Erick.

Baca Juga:

Ada Piala Asia dan Pemilu 2024, Liga 1 Musim Depan Bakal Dihentikan Sementara

Breaking News: Messi, Di Maria, dan Otamendi Tak Datang ke Indonesia

Hak Siar Liga 1 2023/2024 Tak Berubah

Terobosan lainnya yang dilakukan PSSI dan PT LIB adalah mengubah format Liga 1 yang dibagi ke dalam dua series, yaitu reguler dan championship. Menurut Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, format tersebut akan membuat Liga 1 semakin kompetitif dan menarik.

"Di luar itu, semua klub telah bersepakat dengan terobosan-terobosan yang sesuai dengan arahan PSSI. Animo publik pun sangat luar biasa menyambutnya."

"Kami akan berupaya maksimal menjadikan Kompetisi Liga 1 2023/2024 sebagai hiburan berkelas bagi pencinta sepak bola Indonesia serta tentunya menjadi kebanggaan kita bersama," tutur Ferry Paulus.

Liga 1 2023/2024 akan dimulai pada 1 Juli. Laga pembuka rencananya bakal mempertemukan Persija Jakarta dengan PSM Makassar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

PSSI bersama PT LIB juga telah sepakat melanjutkan kerja sama dengan Grup Emtek melalui Indosiar dan Vidio sebagai official broadcaster Liga 1 2023/2024. Grup Emtek sudah menayangkan Liga 1 sejak musim 2018.

Liga 1 Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB Erick thohir Ferry paulus Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.396

Bagikan