Eks Pemain Timnas Indonesia Sebut Erick Thohir Buat PSSI Lebih Terorganisasi

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 27 Maret 2024
Eks Pemain Timnas Indonesia Sebut Erick Thohir Buat PSSI Lebih Terorganisasi
Raphael Maitimo mendampingi Timnas Kanada U-17. (Instagram Raphael Maitimo)

BolaSkor.com - Mantan pemain Timnas Indonesia, Raphael Maitimo, memuji kepiawaian Erick Thohir dalam memimpin PSSI. Menurut Maitimo, PSSI di bawah kepemimpinan Erick menjadi lebih terorganisasi.

Maitimo merupakan pemain yang pernah menjalani proses naturalisasi di Indonesia. Dia merupakan satu dari 12 pemain yang dinaturalisasi PSSI pada periode 2011 sampai 2015.

"Saya diundang PSSI, ketika itu Iman Arif (Deputi bidang Teknis Badan Tim Nasional PSSI) yang mengurus. Dia pula yang pertama bertanya, apakah saya tertarik membela Timnas karena saya punya garis keturunan Indonesia," kata Maitimo dalam keterangannya.

Namun, kata Maitimo, ketika itu proses perpindahan kewarganegaraannya menjadi WNI sangat lama. Bahkan, dia nyaris membatalkannya.

"Proses dimulai tahun 2010, tetapi baru 2012 saya baru bisa pakai kostum timnas," ujarnya.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Bungkam Vietnam 3-0 di Hanoi, Ini Kata Erick Thohir

Timnas Indonesia Permalukan Vietnam di Hanoi, Rekor 20 Tahun Terpecahkan

Saat membandingkan dengan situasi saat ini, Maitimo menilai Erick Thohir berhasil mengelola PSSI dengan jauh lebih baik.

"Hal itu sungguh membuat nyaman pesepak bola baru yang dinaturalisasi dan mereka merasa senang karena semua proses berjalan rapi, cepat, dan lancar. Sungguh berbeda dibandingkan dengan jaman saya," ujarnya.

Sejak menjabat sebagai Ketum PSSI pada 16 Februari 2023, total ada tujuh pemain keturunan yang proses naturalisasinya rampung. Mereka di antaranya Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

"Saya harap mereka bisa berkontribusi bagi sepak bola Indonesia dan menumbuhkan persaingan antar sesama, sekaligus meningkatkan performa pemain lokal agar makin tinggi kualitasnya. Hal itu akan berdampak baik bagi sepak bola Indonesia," ujar Maitimo yang mengoleksi 21 caps dan mencetak empat gol bagi Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia Naturalisasi Pssi Erick thohir Raphael maitimo Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan