Efek Kegagalan Timnas Jerman di Piala Dunia 2022: Oliver Bierhoff Undur Diri

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 06 Desember 2022
Efek Kegagalan Timnas Jerman di Piala Dunia 2022: Oliver Bierhoff Undur Diri
Oliver Bierhoff (@DFB_Team_EN)

BolaSkor.com - Tersungkur di fase grup Piala Dunia dua kali beruntun jelas merupakan kegagalan jika negara itu sekaliber timnas Jerman. Die Mannschaft dua kali beruntun kandas di fase grup pada 2018 dan 2022.

Ironis, jika melihat Jerman sebagai tim kedua (bersama Italia) dengan status penilik titel Piala Dunia kedua terbanyak setelah Brasil (lima kali). Apalagi di fase grup Piala Dunia 2022 Jerman jadi unggulan lolos bersama Spanyol, di atas Jepang dan Kosta Rika.

Alih-alih lolos ke fase gugur, Jerman kalah melawan Jepang (1-2), imbang kontra Spanyol (1-1), dan menang 4-2 atas Kosta Rika tapi pada akhirnya kalah selisih gol dari Spanyol, hingga Jepang dan Spanyol lolos ke fase gugur.

Nasib masa depan Hans Dieter Flick dipertanyakan sebagai pelatih Jerman, tetapi efek domino dari tersingkirnya Jerman itu sudah terjadi di internal DFB atau Federasi Sepak Bola Jerman.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Timnas Prancis Harus Tingkatkan Performa jika Ingin Jadi Juara

Piala Dunia 2022: Peran Carlo Ancelotti di Balik Performa Optimal Vinicius dengan Timnas Brasil

Selebrasi Gol Brasil Dituding Melecehkan Lawan, Raphinha: Dansa Simbol Kebahagiaan

Legenda sepak bola Jerman Oliver Bierhoff mengundurkan diri dari perannya sebagai Direktur Olahraga Jerman. Padahal kontraknya masih tersisa hingga 2024 (Piala Eropa). Bierhoff bertanggung jawab menilai dirinya gagal setelah kegagalan di Piala Dunia 2018 dan 2022.

"Dalam empat tahun terakhir kami belum dapat membangun kesuksesan sebelumnya dan memberikan alasan kepada para penggemar untuk merayakannya lagi. Beberapa keputusan yang kami yakini ternyata tidak tepat. Tidak ada yang menyesalinya lebih dari saya . Saya bertanggung jawab untuk itu," papar Bierhoff dikutip dari ESPN.

"Pekerjaan saya didasarkan pada keyakinan melakukan yang terbaik untuk FA Jerman dan tim nasional. Namun itu hanya membuat hasil timnas putra di Piala Dunia di Rusia dan Qatar semakin menyakitkan. Itu sebabnya saya tidak akan pergi tanpa kritik diri yang diperlukan."

Presiden DFB Bernd Neuendorf mengapresiasi kinerja Bierhoff, yang notabene sudah bekerja untuk federasi selama 18 tahun dalam peran berbeda-beda.

"Bierhoff telah melakukan pekerjaan dengan baik," tambah Bernd Neuendorf.

"Bahkan jika turnamen terakhir gagal mencapai tujuan olahraga, dia berdiri untuk momen-momen hebat. Karyanya akan selalu dikaitkan dengan kesuksesan Piala Dunia di Brasil."

Respons juga diberikan oleh Hansi Flick kepada Bierhoff. Kepergiannya cukup membuat kaget Flick yang menilai Bierhoff sebagai teman di dalam tim.

“Tim pelatih saya dan saya saat ini merasa sulit untuk membayangkan bagaimana celah yang diciptakan oleh kepergian Oliver dapat ditutup secara profesional dan pribadi," imbuh Flick.

"Bagi saya pribadi, Oliver adalah kontak dan teman pertama saya di dalam tim. Tujuan bersama kami adalah proyek EM 2024 di Jerman," terangnya.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Oliver bierhoff Bierhoff Jerman Timnas Jerman
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.831

Bagikan