Selebrasi Gol Brasil Dituding Melecehkan Lawan, Raphinha: Dansa Simbol Kebahagiaan

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 06 Desember 2022
Selebrasi Gol Brasil Dituding Melecehkan Lawan, Raphinha: Dansa Simbol Kebahagiaan
Timnas Brasil (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Brasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 dengan performa meyakinkan dan kelas bermain yang menghibur fans. Pada 16 besar Piala Dunia Tim Samba menang telak atas Korea Selatan dengan skor 4-1.

Empat gol Brasil dilesakkan oleh Vinicius Junior (7'), Neymar (13' penalti), Richarlison (29'), dan Lucas Paqueta (36'). Keunggulan 4-0 di babak pertama membuat Brasil lebih nyaman bermain, meski Korsel mencetak gol hiburan dari Paik Seung-ho (76').

Brasil mendominasi permainan sebanyak 54 persen di Stadium 974, Selasa (06/12) dini hari WIB. Melepaskan 18 tendangan dan sembilan di antaranya tepat sasaran. Praktis di laga itu juga bak laga antara David vs Goliath.

Brasil besutan Tite yang notabene salah satu kandidat juara punya kualitas merata di tiap lini, serta pemain-pemain top yang berkarier di Eropa. Apalagi Brasil memang pemilik titel Piala Dunia terbanyak dengan raihan lima trofi.

Baca Juga:

Brasil 4-1 Korea Selatan: Tim Samba Melaju Mulus

Selebrasi Joget Brasil Dikecam, Dianggap Lecehkan Lawan

Jepang 1-1 (1-3 Pen) Kroasia: Dominik Livakovic Redam Sensasi Samurai Biru

Jogo Bonito. Itulah sebutan untuk permainan Brasil dengan cara mereka 'menari' dan mendribel bola dengan kualitas individu, singkatnya Brasil menikmati permainan bola yang memberikan kebahagiaan kepada mereka. Bagi Brasil itu kultur mereka.

Kendati demikian masih ada saja yang mengkritik selebrasi joget ala Brasil setelah mencetak gol, salah satunya pandit sepak bola asal Republik Irlandia, Roy Keane.

"Saya tidak percaya apa yang dilihat. Saya tidak percaya apa yang sama tonton. Itu seperti melihat Strictly (Come Dancing)," tutur Keane

"Saya tidak menyukai orang-orang itu. Mereka bilang itu adalah budaya. Namun, saya pikir itu tidak menghormati lawan. Itu adalah empat gol dan mereka melakukannya setiap waktu. Saya tidak keberatan jika tarian dilakukan untuk gol pertama."

"Namun, setelah itu manajer terlibat. Saya tidak senang soal itu. Saya pikir itu sama sekali tidak bagus," kata Keane.

Lantas apa respons Brasil mendengar kritik Keane tersebut? Raphinha menjawab. Menurutnya Brasil akan terus menari karena itu merupakan simbol kebahagiaan, tidak berarti melecehkan lawan.

“Masalahnya ada pada mereka yang tidak menyukainya, karena kami akan terus melakukannya. Tari melambangkan kegembiraan mencetak gol," balas Raphinha dikutip dari Goal.

"Kami tidak melakukannya untuk tidak menghormati, kami tidak maju ke depan lawan, kami berkumpul dan semua orang merayakannya, inilah momen kami, Brasil merayakannya."

"Jika mereka tidak menyukainya, saya tidak punya banyak hal untuk dikatakan kepada mereka, kami akan melanjutkannya," tegas pemain Barcelona tersebut.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Raphinha Brasil Timnas Brasil
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.189

Bagikan