Dua Wasit Wanita Asal Jatim Dapat Undangan FIBA

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 11 Juni 2023
Dua Wasit Wanita Asal Jatim Dapat Undangan FIBA
Via Diah Rohmana dan Septiana Dwi Putri bersama Ketua Umum Perbasi Jawa Timur Grace Evi Ekawati. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Via Diah Rohmana dan Septiana Dwi Putri menjadi wasit Indonesia yang menerima undangan federasi bola basket Internasional (FIBA). Dua wasit asal Jawa Timur itu diundang untuk kegiatan berbeda.

Via Diah menjadi salah satu dari deretan wasit internasional yang akan bertugas memimpin jalannya pertandingan pada Kejuaraan Asia Wanita FIBA U-16 2023 yang berlangsung di Amman, Yordania pada 10-16 Juli 2023 mendatang.

Sedangkan Septiana Dwi merupakan salah satu wasit perempuan 3x3 dari Indonesia untuk mengikuti penataran menjadi wasit Internasional. Wasit kelahiran Nganjuk itu akan mengikuti penataran wasit tersebut di Cina pada 22-25 Juni mendatang.

Septiana Dwi menyebutkan wasit perempuan di Indonesia hanya ada 5. Selain dia, wakil dari Indonesia lainnya berasal dari Bali. Nantinya selain mereka mengikuti penataran wasit internasional juga akan dilibatkan pada ajang National League U-23.

“Dari event-event Nasional yang sudah berjalan, mungkin ini sebuah penghargaan buat saya, dan ini tantangan buat saya juga. Dengan saya diberi kesempatan untuk mengikuti, dan terpilih untuk penataran wasit FIBA tentu saya mempersiapkan diri dengan baik,” ungkapnya.

“Mulai dari mempelajari rules terbaru 3x3 2022, bahasa Inggris, karena disana persyaratan dari FIBA kami dianjurkan bisa berbahasa Inggris. Kalau untuk tes fisik, kami nanti akan langsung praktek di event,” tambah wanita 25 tahun itu.

Sementara itu, Via Diah menuturkan akan menjaga kondisi fisiknya lantaran cuaca di Yordania berbeda ketimbang tanah air. Dia menyebutkan serangkaian tes akan dilakoninya sebelum memimpin pertandingan.

“Terkait fisik nanti disana ada beep test, itu diutamakan itu menjadi bagian dari menjaga fisik baik atau buruk. Kalau beep test bagus bisa jadi penunjang, terus knowledge. Yang jelas harus bisa speaking (bahasa Inggris),” jelasnya.

Nantinya, wasit asli Trenggalek itu bertugas memimpin jalannya pertandingan Kejuaraan Asia Wanita FIBA U-16 2023 sebagai wasit netral. Via Diah sendiri mempunyai jam terbang tinggi sebagai wasit diantaranya pernah memimpin pertandingan Indonesian Basketball League (IBL), Southeast Asia Women Basketball League (SWBL). Terbaru, dia menjadi wasit di SEA Games 2023 Kamboja lalu. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Basket FIBA
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan