Dua Pekan Menuju Piala Dunia U-17 2023, Bima Sakti Masih Temukan Kelemahan Timnas U-17

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 24 Oktober 2023
Dua Pekan Menuju Piala Dunia U-17 2023, Bima Sakti Masih Temukan Kelemahan Timnas U-17
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti sedang memberikan arahan ke para pemainnya. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-17 sudah mengakhiri pemusatan latihan atau training camp (TC) di Jerman pada 22 Oktober kemarin. Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, mengatakan ada perkembangan atau progress yang ditunjukkan parap pemainnya, meski secara keseluruhan masih belum sempurna.

Bima Sakti menjelaskan bahwa secara permainan, Timnas Indonesia U-17 sudah sesuai dengan yang dia inginkan. Berkat latihan selama 5 pekan ditambah 7 kali uji coba, Muhammad Iqbal Gwijangge dkk. semakin kompak dan nyetel.

Bima Sakit bercerita, di awal-awal TC, kondisi para pemain sempat menurun. Salah satunya karena mereka harus beradaptasi dengan suhu di Jerman yang lebih dingin dibanding di Indonesia.

"Alhamdulillah, kami sudah menjalankan (TC) selama lima minggu, dan selama itu juga ada uji coba. Progress-nya di awal ya kita mengalami beberapa penurunan mungkin karena cuaca, karena lamanya TC juga lima minggu, agak sedikit drastis memang kondisi pemain," kata Bima Sakti.

"Tapi dari segi permainan, mereka menunjukkan progress dan Alhamdulillah semua berjalan lancar. Ada beberapa kekurangan, ada beberapa kelemahan yang memang harus kita benahi. Ya mudah-mudahan, dua minggu sebelum Piala Dunia nanti, kita bisa perbaiki segala kekurangan itu," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Welber Jardim Ingin Bantu Timnas Indonesia U-17 Lolos Fase Grup Piala Dunia U-17 2023

Timnas Maroko U-17 Cari Lawan di Qatar dan Akan Diuji Kanada di Indonesia

Beberapa aspek yang jadi kekurangan Timnas Indonesia U-17 itu pun diungkapkan oleh Bima Sakti. Di antaranya adalah komunikasi antarpemain sampai koordinasi ketika transisi dari menyerang ke bertahan dan sebaliknya, dari bertahan ke menyerang.

"Yang pasti, (kekurangannya) komunikasi, kemudian koordinasi saat bertahan kemudian saat menyerang juga. Dan kelemahan-kelemahan itu sudah dikomunikasikan juga ke pemain, kami sudah potong-potong video pertandingan juga, semoga ke depan jadi evaluasi buat kami," ucap gelandang Timnas Indonesia di era 1990-an sampai awal 2000-an itu.

Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember mendatang. Di ajang tersebut, Timnas Indonesia U-17 masuk ke dalam Grup A bersama Ekuador, Maroko dan Panama.

Ekuador akan jadi lawan pertama Timnas Indonesia U-17 pada 10 November, kemudian setelah itu bertemu Panama (13/11) dan terakhir berhadapan dengan Maroko (16/11). Seluruh pertandingan Timnas Indonesia U-17 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Timnas Indonesia U-17 Bima sakti Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.441

Bagikan