Domenico Tedesco, Pengagum Antonio Conte dengan Misi Bawa Belgia ke Piala Eropa 2024

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 08 Februari 2023
Domenico Tedesco, Pengagum Antonio Conte dengan Misi Bawa Belgia ke Piala Eropa 2024
Domenico Tedesco (Twitter)

BolaSkor.com - RBFA selaku Federasi Sepak Bola Belgia telah resmi menunjuk pelatih baru timnas Belgia sebagai suksesor Roberto Martinez. Dia adalah pelatih berpaspor Italia berusia 37 tahun, Domenico Tedesco.

Kontrak RBFA tidak lama untuk Tedesco tetapi ada kans ia diperpanjang jika performa tim memuaskan di bawah arahannya. RBFA mengontrak Tedesco sampai Piala Eropa 2024 berakhir dan diharapkan Tedesco dapat membawa tim lolo kualifikasi.

RBFA melihat Tedesco sebagai pelatih berpengalaman di level internasional, serta pelatih modern dengan gaya bermain ofensif dan punya banyak variasi bermain berbeda.

Baca Juga:

Roberto Martinez Ungkap Penyebab Tinggalkan Timnas Belgia

Piala Dunia 2022: Roberto Martinez Berhenti Latih Timnas Belgia

Piala Dunia 2022, Percobaan Ketiga Roberto Martinez dengan Timnas Belgia

“Domenico Tedesco dari Italia akan menggantikan Roberto Martinez sebagai pelatih nasional Setan Merah Belgia. Dia akan menandatangani kontrak dengan RBFA sampai setelah Piala Eropa 2024," demikian pernyataan dari RBFA.

"Dia dikenal sebagai pelatih modern dengan pengalaman internasional tingkat atas, yang suka memainkan gaya sepak bola ofensif dengan banyak tekanan ke depan."

"Misinya adalah untuk membuat Setan Merah Belgia lolos ke Piala Eropa 2024 di Jerman. Pertandingan kualifikasi pertama akan dimainkan pada 24 Maret di Stockholm melawan Swedia."

Lahir di Rossano, Calabria, pada 12 September 1985, Tedesco telah melatih beberapa klub di Eropa seperti Schalke, Spartak Moscow, dan RB Leipzig.

"Bagi saya, merupakan kehormatan besar menjadi pelatih kepala baru Belgia. Saya sangat menantikan tugas itu dan saya sangat termotivasi. Saya memiliki perasaan yang sangat baik sejak percakapan pertama," ucap Tedesco.

Pengagum Antonio Conte

Jalan Domenico Tedesco sebagai pelatih cukup unik apalagi ia sebelumnya lulusan teknik industri. Kecintaannya kepada sepak bola mengarahkannya jadi pelatih di usia muda, seperti halnya Julian Nagelsmann di Jerman.

"Saya tidak ingat banyak tentang awalnya, tapi saya memiliki masa kecil yang bahagia, dengan banyak teman. Sepulang sekolah, saya akan bertemu mereka untuk bermain sepak bola, itu sangat menyenangkan," papar Tedesco kala melakukan sesi wawancara dengan La Gazzetta dello Sport pada April 2022.

"Setelah lulus di bidang teknik industri, saya bekerja untuk Daimler, meskipun saya tidak dipekerjakan langsung oleh perusahaan yang memproduksi Mercedes, tetapi oleh pemasok eksternal."

"Pada 2013, saya mendapat kesempatan untuk bergabung dengan sektor pemuda Stuttgart secara permanen, yang menjadi pekerjaan saya. Itu bukan risiko tetapi peluang besar, saya tidak pernah menyesali keputusan saya."

"Saya suka sepak bola dan menurut saya merupakan hak istimewa untuk terlibat dalam olahraga ini. Menjadi pelatih membuat saya merasakan api jauh di lubuk hati. Seperti ini ketika saya bermain sebagai seorang anak dan tidak ada yang berubah."

Sebelum dikontrak jadi pelatih oleh Schalke pada musim panas 2017, Tedesco sempat jadi pelatih tim muda Hoffenheim dan juga dengan FC Erzgebirge Aue. Karier kepelatihannya banyak dilalui di Jerman tetapi Tedesco tidak melupakan akarnya sebagai orang Italia.

"Ini adalah sesuatu yang selalu saya tanyakan. Saya merasa sangat Italia, tapi orang tua saya berasal dari sana," imbuh Tedesco.

"Kami mungkin telah pindah ke Jerman ketika saya berusia dua setengah tahun, tetapi kami menghabiskan setiap liburan musim panas di Italia dan banyak kerabat saya masih tinggal di sana, jadi saya sangat Italia."

Banyak sosok yang menginspirasi karier kepelatihannya, tetapi Antonio Conte jadi pelatih yang dipelajarinya. Tidak heran apabila Tedesco acapkali menggunakan taktik 3-4-1-2.

"Saya belajar dari semua orang. Saya menonton pertandingan Barcelona, Ajax, Milan, Juventus, Inter, Roma, dan Chelsea. Seseorang tidak menciptakan sepak bola, tetapi hanya bisa belajar," tambah Tedesco.

"Jika saya harus menyebutkan satu (panutan), saya akan mengatakan Antonio Conte karena dia melakukannya dengan sangat baik dan saya pikir dia melakukan hal yang sama di Tottenham," pungkasnya.

Piala Eropa 2024 Belgia Timnas Belgia Domenico Tedesco
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.405

Bagikan