Diutus Presiden Jokowi, Erick Thohir Temui FIFA Minta Jalan Keluar soal Piala Dunia U-20

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 28 Maret 2023
Diutus Presiden Jokowi, Erick Thohir Temui FIFA Minta Jalan Keluar soal Piala Dunia U-20
Ketum PSSI Erick Thohir saat memberikan keterangan kepada awak media. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir berinisiatif untuk menemui perwakilan FIFA di Doha, Qatar, Rabu (29/3). Ini jadi upaya Erick menyelamatkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 sekaligus sepak bola Indonesia.

Seperti diketahui, status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 terancam. Indikasi tersebut terlihat dari keputusan FIFA membatalkan drawing atau pengundian grup Piala Dunia U-20 yang seharusnya digelar di Bali pada 31 Maret.

Pembatalan itu disebabkan adanya penolakan dari berbagai elemen masyarakat terhadap keikutsertaan timnas Israel U-20. Penolakan datang dari berbagai kelompok, mulai dari partai politik, kepala daerah, sampai organisasi masyarakat atau ormas.

"Saya berangkat malam ini jam 1 dan mendarat jam 6 (di Qatar). Karena ini (Piala Dunia U-20) adalah event-nya FIFA, jadi tentu kami harus mengedepankan pandangan FIFA terlebih dahulu, seperti apa konsekuensinya (jika Piala Dunia U-20 dibatalkan)," kata Erick Thohir di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/3).

"Di situlah baru kami mulai berdiskusi mencari ruang bagaimana penyelesaian terbaik (terkait Piala Dunia U-20)," ujar Erick menambahkan.

Baca Juga:

Israel Main di Piala Dunia U-20, Presiden Jokowi Jamin Dukungan Indonesia terhadap Palestina Tidak Goyah

Presiden Jokowi Utus Erick Thohir Bertemu FIFA terkait Nasib Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Israel Main di Piala Dunia U-20, Presiden Jokowi Jamin Dukungan Indonesia terhadap Palestina Tidak Goyah

Erick mengatakan dirinya bersama seluruh pengurus PSSI akan berupaya yang terbaik. Dalam pertemuan dengan FIFA nanti Erick akan menjelaskan berbagai progress dan kesiapan Indonesia menggelar Piala Dunia U-20, termasuk adanya jaminan keamanan dari setiap tim peserta yang disampaikan langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dengan modal itu Erick berharap bisa mencapai kesepakatan terbaik dengan FIFA.

"Yang pasti kalau dibilang persiapan kita, semua lapangan sudah siap dan sudah disampaikan secara detail ke FIFA yang mungkin ada hal-hal yang harus kita berikan jalan keluar untuk FIFA," jelas pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung mulai 20 Mei hingga 11 Juni. Ada 24 tim yang akan berpartisipasi termasuk Timnas Indonesia U-20 sebagai tuan rumah dan Israel U-20 yang mendapatkan tiket sebagai runner-up Piala Eropa U-19 2022.

Pssi Fifa Erick thohir Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.464

Bagikan