Direktur Teknik Shonan Bellmare Berikan Saran agar Sepak Bola Indonesia Maju seperti Jepang

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 13 Mei 2023
Direktur Teknik Shonan Bellmare Berikan Saran agar Sepak Bola Indonesia Maju seperti Jepang
irektur Teknik Shonan Bellmare Kiyoshi Sekiguchi. (Media ASIOP)

BolaSkor.com - Direktur Teknik klub J1 League Shonan Bellmare, Kiyoshi Sekiguchi, memberikan saran agar sepak bola Indonesia bisa maju seperti Jepang. Apa saran yang diberikan oleh Kiyoshi Sekiguchi?

Jepang kini menjadi kekuatan baru sepak bola dunia. Tak hanya lagi sebagai kutub sepak bola Asia.

Timnas Jepang sudah membuktikannya kala mengalahkan dua raksasa dunia dari Eropa, Jerman dan Spanyol di Piala Dunia 2022. Ini merupakan buah pembinaan yang tepat serta kompetisi yang sehat.

Pembinaan dan kompetisi sepak bola di Jepang merupakan salah satu yang terbaik di Asia, bahkan dunia. Banyak jebolan-jebolan J League bisa berkarier di Eropa, khususnya paling banyak di Bundesliga Jerman.

Baca Juga:

ASIOP dan Shonan Bellmare Resmi Mendirikan Akademi Sepak Bola J League Pertama di Indonesia

ASIOP Launching Jersey dan Hall of Fame di HUT ke-25

ASIOP X Shonan Bellmare, Membuka Jalan Anak Bangsa Berlaga di J1 League

Kiyoshi Sekiguchi meyakini Indonesia punya potensi itu untuk meniru Jepang. Ia pun memberikan saran agar Timnas Indonesia bisa menyamai atau bahkan lebih dari Samurai Biru.

"Kalau kompetisi di Indonesia ingin bagus, maju, dan sehat, seluruh klub, operator, dan federasi harus menyamakan satu visi dan misi. Lalu pembinaan usia muda, kompetisinya harus digelar secara teratur, rutin, dan banyak," kata Kiyoshi Sekiguchi.

"Indonesia mempunyai banyak pemain berpotensi. Pemain Indonesia itu punya kecepatan dan agillity yang bagus. Kekurangannya hanya kurang cepat dalam mengambil keputusan dalam sebuah pertandingan," tambahnya.

Shonan Bellmare baru saja mendirikan akademi sepak bola J League pertama di Indonesia, yang berkerja sama dengan ASIOP. Akademi ini bernama Shonan Bellmare Indonesia Soccer School. Nantinya, ini menjadi jembatan pesepak bola muda Indonesia untuk mentas di panggung dunia.

Shonan Bellmare J League Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.031

Bagikan