Didakwa Lakukan Suap Wasit, Barcelona Terancam Didepak dari Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 28 September 2023
Didakwa Lakukan Suap Wasit, Barcelona Terancam Didepak dari Liga Champions
Tempat latihan Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona mendapatkan kabar buruk perihal kelanjutan kasus suap wasit Jose Maria Enriquez Negreira, mantan Wakil Presiden Komite Teknik Wasit (CTA). Jika terbukti bersalah, Blaugrana dapat menerima hukuman berat.

Sebagaimana kabar yang dimuat Marca, hakim di Pengadilan Instruksi Nomor Satu Barcelona, Joaquin Aguirre, mendakwa Barcelona membayar wasit sebesar 7,5 juta euro yang dibayarkan selama 17 tahun ke Negreira.

Ditambahkan oleh El Debate, kasus suap wasit itu terjadi di Barcelona di era Josep Maria Bartomeu. Selain Bartomeu, Sandro Rosell, Negreira, dan juga anaknya terlibat.

Baca Juga:

Atletico 3-1 Real Madrid: Kekalahan Perdana Los Blancos

Ketika Jenderal Franco Menggunakan Real Madrid sebagai Kendaraan Politik

5 Fakta yang Jarang Diketahui soal Derby Madrid: Lebih Besar daripada El Clasico

"Pejabat publik adalah setiap orang yang, berdasarkan ketentuan undang-undang, melalui pemilihan, atau penunjukan oleh pejabat yang berwenang, ikut serta dalam pelaksanaan fungsi publik," jelas yurisprudensi Mahkamah Agung.

Sementara itu, El Confidencial menjelaskan dengan tepat apa arti suap di Spanyol dalam arti hukum.

"Ini adalah tindak pidana yang tidak memerlukan bukti adanya pemalsuan oleh pihak-pihak tertentu dan mengandung hukuman yang lebih berat daripada tindak pidana korupsi antar perorangan, yang selama ini dikaitkan,” demikian bunyi publikasi tersebut.

Ditambahkan oleh Aguirre, bahwa pada surat yang dikirim pada 2018 ke Bartomeu (kala itu jadi Presiden Barcelona) dari Negreira, setelah ia meninggalkan CTA, menuturkan apabila pembayaran dihentikan itu dapat 'merusak citra klub'.

Dalam tulisan hakim, dari sini Enriquez Negreira menyadari bahwa tindakan terlarang yang bersifat sangat serius telah terjadi demi kepentingan Barca.

Menurut laporan dari Relevo, jaksa penuntut umum harus membuktikan bahwa Enriquez Negreira mengambil keputusan yang tidak adil akibat pembayaran tersebut untuk menghukum para terdakwa, pembayaran yang belum dapat dibenarkan. Belum jelas keputusan apa atau keputusan mana yang diyakini tidak adil mengenainya.

Jika terbukti bersalah, hukuman berat berpotensi terjadi di Barcelona termasuk dikeluarkan dari Liga Champions, sebab menyuap wasit bertolak belakang dengan kode etik UEFA.

Barcelona FC Barcelona Liga Champions LaLiga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.280

Bagikan