5 Fakta yang Jarang Diketahui soal Derby Madrid: Lebih Besar daripada El Clasico

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Sabtu, 23 September 2023
5 Fakta yang Jarang Diketahui soal Derby Madrid: Lebih Besar daripada El Clasico
Derby Madrid (Twitter)

BolaSkor.com - Real Madrid akan bertandang ke markas Atletico Madrid pada pertandingan pekan keenam LaLiga 2023-2024, di Stadion Wanda Metropolitano, Senin (25/9) dini hari WIB. Ada sejumlah fakta menarik yang jarang diketahui dari laga ini.

Madrid kontra Atletico menjadi satu di antara laga derby paling panas di Spanyol. Kedua tim memiliki pemain-pemain bintang yang siap memberikan performa terbaik.

Meski demikian, masih ada beberapa hal yang tidak banyak diketahui mengenai Derby Madrid. Beberapa di antaranya adalah sejarah pertemuan kedua tim di masa lalu.

Baca Juga:

Tolak Tawaran Selangit Al Hilal, Mbappe Dikabarkan Pilih Real Madrid

Ketika Jenderal Franco Menggunakan Real Madrid sebagai Kendaraan Politik

Real Madrid 2-1 Real Sociedad: Los Blancos Belum Terbendung

Berikut ini adalah lima fakta yang jarang diketahui dari Derby Madrid:

1. Atletico Ada untuk Bersaing dengan Real Madrid

Atletico Madrid berdiri pada 26 April 1903 dan awalnya bernama Athletic Club de Madrid. Atletico didirikan oleh sekumpulan pelajar dari Basque namun perlahan mandiri menjadi klub sendiri setelah ada dua klub yang sama.

Rivalitas Atletico dan Madrid bukan sekadar derby sekota melainkan juga adanya unsur politik. Madrid dilihat sebagai satu-satunya tim yang layak mewakili Kota Madrid, klub elite, sementara Atletico mewakili kelas pekerja.

Tak ayal adanya Atletico dengan misi bersaing dengan Madrid. Para pelajar tersebut tak suka cara bermain Madrid CF hingga membentuk Atletico Madrid.

2. 14 Tahun Tanpa Kemenangan Atletico di Derby Madrid

Berkaitan dengan poin pertama Atletico membutuhkan waktu panjang untuk keluar dari bayang-bayang Real Madrid. Ketika Los Blancos sukses di Eropa dan sering menjuarai liga, Atletico kesulitan.

Butuh waktu 14 tahun bagi Atletico untuk mengakhiri catatan tak pernah menang melawan Real Madrid. Kutukan itu berakhir pada 17 Mei 2013 ketika Atletico Madrid menang 2-1 atas Madrid di Santiago Bernabeu pada final Copa del Rey 2013.

3. Tradisi Air Mancur Cibeles

Tradisi merayakan gelar juara bersama suporter di Kota Madrid biasanya dirayakan di air mancur Cibeles, terletak di pusat kota. Itu identik dengan Real Madrid. Tapi tahukah Anda bahwa Atletico yang mengawalinya?

Para penggemar Atletico mulai merayakan di Cibeles usai juara LaLiga 1977, tetapi seiring berjalannya waktu banyak suporter yang merayakannya di sana termasuk Real Madrid. Alhasil Cibeles identik dengan Madrid.

Atletico tak punya pilihan karena mereka juga jarang juara. Fans Atletico tidak lagi merayakannya di sana melainkan di air mancur Neptune yang ada di Paseo de la Castellana.

4. Lebih Besar ketimbang El Clasico

Pertandingan Real Madrid kontra Barcelona disebut laga terbesar yang disaksikan banyak penonton di dunia dan disebut El Clasico. Tetapi faktanya El Derbi Madrileno antara Atletico kontra Madrid lebih besar.

Pada awalnya Derby Madrid lebih besar ketimbang El Clasico khususnya setelah Perang Saudara Spanyol usai pada 1939. Sosok-sosok legendaris tak pernah melupakan betapa besarnya Derby Madrid dahulu.

5. Santiago Bernabeu

Atletico Madrid sering menangi trofi Copa del Rey di Santiago Bernabeu.
Atletico Madrid sudah 10 kali memenangi titel Copa del Rey dan sembilan di antaranya, uniknya diraih di Santiago Bernabeu yang notabene markas Real Madrid.

Satu di antaranya dimenangi di luar Bernabeu, yakni pada 1996 di La Romareda, markas Real Zaragoza ketika Atletico mengalahkan Barcelona.

Atletico Madrid Real Madrid Breaking News Trivia Sepak Bola Derby madrid
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.532

Bagikan