Dicari: Pelatih Baru Timnas Belgia

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 14 Desember 2022
Dicari: Pelatih Baru Timnas Belgia
Eks pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez (Twitter)

BolaSkor.com - Generasi emas timnas Belgia berakhir dengan menyedihkan di Piala Dunia 2022. Usai mencapai semifinal pada Piala Dunia 2018, Belgia tak berdaya tahun ini di fase grup hingga gagal lolos ke fase gugur.

Belgia finish di urutan tiga grup di bawah Maroko dan Kroasia, di atas Kanada. Parahnya lagi Belgia lebih disibukkan dengan konflik internal dengan sindiran yang saling dilemparkan oleh pemain-pemain senior seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, dan Toby Alderweireld.

Belum lagi dengan performa mereka yang menurun di level klub seperti Eden Hazard di Real Madrid, serta Romelu Lukaku yang belum fit pasca pulih dari cedera. Buntut dari tersingkirnya Belgia adalah mundurnya Roberto Martinez.

Pelatih berusia 49 tahun mengakhiri enam tahun kariernya sebagai pelatih Belgia. Pencarian pelatih baru pun dimulai dan RBFA, Federasi Sepak Bola Belgia, punya cara unik untuk mencari peramuk taktik baru: membuat iklan.

Baca Juga:

Argentina 3-0 Kroasia: Satu Langkah Lagi Lionel Messi Wujudkan Mimpi

Argentina 3-0 Kroasia, Lionel Messi Banjir Rekor

Piala Dunia 2022: Final dan Momen Perpisahan Lionel Messi

Iklan yang dibuat RBFA menuturkan dengan jelas pencarian pelatih dengan kriteria: pelatih yang tahu caranya untuk menang (sukses), serta ambisius dan juga pengalaman di level internasional.

"The Royal Belgian FA sedang mencari pelatih tim nasional penuh waktu yang tahu bagaimana untuk menang. Pelatih tim nasional yang baru sangat ambisius dan memiliki pengalaman internasional yang diperlukan di level atas, pengetahuan dan wawasan taktis sepak bola serta keterampilan pribadi yang tepat," demikian pernyataan dari RBFA.

"Dia adalah pemenang sejati dengan pengalaman dalam mengelola pemain top. Dia tahu bagaimana fokus untuk menciptakan grup yang erat dan bagaimana mengintegrasikan pemain muda."

"Asosiasi sepak bola sedang mencari ahli taktis yang mendukung pilihannya dengan data, teknologi, dan parameter objektif serta mengacu pada keahlian dan struktur olahraga RBFA."

Belgia seyogyanya tak pernah dibesut oleh pelatih top yang namanya tenar di Eropa sebelum Martinez, atau Dick Advocaat pada medio 2009-2010. Selain mereka nama lainnya merupakan pelatih lokal seperti Marc Wilmots, Georges Leekens, Rene Vandereycken, dan Aime Anthuenis.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Belgia Timnas Belgia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.365

Bagikan