Dewa United FC Berharap VAR Dipercepat

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 03 November 2023
Dewa United FC Berharap VAR Dipercepat
Aksi Majed Osman saat berhadapan dengan Arema FC. (Media Dewa United FC)

BolaSkor.com - Dewa United FC berharap penggunaan VAR (Video Assistant Referee) di Liga 1 2023/2024 dipercepat. VAR dianggap menjadi solusi untuk mengurangi kesalahan-kesalahan, terutama yang dilakukan wasit.

Wasit sejauh ini masih kerap menjadi persoalan bagi klub Liga 1. Terakhir wasit yang memimpin Persik Kediri versus Persebaya Surabaya dianggap tidak tegas hingga menimbulkan protes.

Baru-baru ini, Bali United juga menyuarakan agar wasit memimpin dengan benar dalam partai melawan PSS Sleman, Jumat (3/11). Hal ini tak lepas dari kesalahan yang dilakukan wasit pada musim lalu di Stadion Maguwoharjo.

Dewa United FC pun tidak puas dengan kepemimpinan wasit saat dijamu Arema FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Kepemimpinan Nendi Rohaendi, yang dibantu Akbar Jamaluddin dan Fajar Sigit disorot selain taktik tim.

Baca Juga:

Diwarnai Penalti dan Kartu Merah, Arema FC Dinilai Pantas Menang atas Dewa United

Borneo FC Sikat Persik 3-0, Gol Gali Freitas Selamatkan PSIS dari Kekalahan

“Terkait pertandingan kemarin melawan Arema, banyak yang harus disorot. Selain dari sisi taktikal, dari kepemimpinan wasit atau apa pun harus disorot,” jelas Presiden Klub Dewa United FC, Ardian Satya Negara, saat dihubungi BolaSkor.com.

Laga yang berkesudahan 2-1 untuk Arema FC diwarnai hujan kartu. Tercatat delapan kartu kuning dan dua kartu merah dikeluarkan untuk Dewa United FC. Adapun empat kartu kuning untuk Arema FC.

Kartu merah pertama dikeluarkan menit 39 untuk Ahmad Rusadi, sebagai akumulasi dua kartu kuning (26', 39'). Adapun Egy Maulana Vikri dikeluarkan pada menit ke-90+4 setelah mendapat dua kartu kuning.

“Mungkin lebih banyak pertimbangan. Ini kan sumber daya manusia, human error pasti terjadi. Mungkin lebih baik PSSI mempercepat VAR, untuk mengurangi kesalahan-kesalahan.”

"Hanya yang perlu kami garis bawahi, ketika away kami selalu kebobolan dari penalti. Itu harus dievaluasi dan dicermati di mana letak kesalahan. Apakah dari sisi pemain atau human error wasit," sambung Ardian.

Keputusan wasit yang salah dianggap merugikan klub. Klub dijelaskannya telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Persiapan yang dilakukan seakan sia-sia.

“Bukan hanya Dewa United. Banyak yang dirugikan. Klub kan investasi, kadang dirusak peluit. Kami tidak menyalahkan, cuma lebih baik dievaluasi.”

Dewa United FC Arema FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan