Desakan Shin Tae-yong Out dari Timnas Indonesia Kembali Mencuat

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 22 Agustus 2023
Desakan Shin Tae-yong Out dari Timnas Indonesia Kembali Mencuat
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com – Kursi pelatih Timnas Indonesia yang diduduki Shin Tae-yong kembali memanas. Desakan supaya Shin Tae-yong dicopot dari posisinya disuarakan sejumlah warganet di media sosial.

Mereka menilai Shin Tae-yong gagal memberikan prestasi untuk Timnas Indonesia di berbagai kelompok, meski sudah diberi kesempatan selama empat tahun atau sejak akhir 2019. Total, Shin Tae-yong sudah memimpin Timnas Indonesia di 10 ajang, termasuk dua kali Piala AFF senior (2020 dan 2022) serta SEA Games 2021.

Hasilnya, di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia hanya keluar sebagai runner-up. Sedangkan di edisi tahun 2022, langkah Skuat Garuda terhenti di babak semifinal. Sementara itu, di ajang SEA Games 2021, Shin Tae-yong mempersembahkan medali perunggu.

Terbaru, Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan Shin Tae-yong dikalahkan oleh Malaysia pada laga Grup B Piala AFF U-23 2023 yang berlangsung di Thailand. Timnas Indonesia U-23 kalah dengan skor 2-1.

"STYOut PHP mulu. Tidak ada prestasi juara selama masa kontrak. Sangat memalukan," tulis akun @usmanmps.

Baca Juga:

Nasib Timnas Indonesia U-23 di Tangan Vietnam Nanti Malam

Begini Cara Agar Timnas U-23 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023

Namun, ada juga warganet yang masih percaya dengan Shin Tae-yong. Meski belum memberikan gelar, tapi Shin Tae-yong berhasil mengantarkan Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Skuat Garuda terakhir kali mentas di ajang sepak bola paling bergengsi se-Asia itu pada 2007. Itu pun karena Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.

"Sekarang banyak yang ngebet juara, giliran ga juara #STYOut bergema lagi. Sudah nikmati saja," tulis akun @AlvaroVerrel.

Kontrak Shin Tae-yong bersama timnas akan berakhir pada Desember 2023. Hingga kini PSSI belum memutuskan apakah kontrak STY akan diperpanjang atau tidak.

PSSI masih akan mengevaluasi hasil yang dicatat STY pada ajang Piala AFF U-23 sebelum memutuskan nasib eks pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Timnas Indonesia Timnas indonesia u-23 Pssi Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.002

Bagikan