Darwin Nunez dan Predikat Striker Paling Sial

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 01 Februari 2024
Darwin Nunez dan Predikat Striker Paling Sial
Darwin Nunez (twitter)

BolaSkor.com - Data menunjukkan Darwin Nunez seharusnya mencetak 1,61 gol saat Liverpool membekuk Chelsea 4-1, Kamis (1/2) dini hari WIB. Dalam laga tersebut Nunez tercatat melepaskan 11 tembakan tepat sasaran.

Namun, di papan skor tidak terdapat nama Nunez. Karena menang dia gagal mencetak gol dari sebelas kali tembakan itu. Dari semua peluang yang didapat, empat kali Nunez digagalkan gawang (mistar dan tiang), yang merupakan rekor baru di Premier League sekaligus menggarisbawahi status Nunez sebagai striker paling sial di Eropa.

Nunez sepertinya memang memiliki hubungan spesial dengan gawang. Pemain Uruguay ini telah menghantam kerangka gawang sebanyak 12 kali musim ini.

Baca Juga:

Sederet Statistik Menarik dari Kemenangan Liverpool atas Chelsea di Anfield

Darwin Nunez Catatkan Rekor Unik kala Liverpool Menang Telak atas Chelsea

10 Pembelian Pemain Terbaik Liverpool Era Jurgen Klopp

“Sungguh gila dia menciptakan peluang sebanyak itu. Bayangkan sejenak dia akan mengambil semuanya. Jumlahnya benar-benar gila,” kata manajer Liverpool Jurgen Klopp dikutip Telegraph.

Pernyataan Klopp sangat wajar. Bayangkan jika Nunez mampu mengobversi semua peluang yang didapatnya. Meski demikian, nasib Nunez berbeda dengan penyerang lain yang memiliki catatan serupa, acap membuang peluang. Nunez masih tetap mendapat kepercayaan, bahkan masih mendapat dukungan dari suporter Liverpool.

Apa yang terjadi pada menit ke-96 melawan Chelsea, ketika Thiago Silva dilucuti Nunez, merupakan kesimpulan dari kontribusi striker Liverpool tersebut. The Kop bangkit dan meneriakkan namanya lagi. Dukungan yang selalu ada setelah setiap upaya jarak jauh, tembakan dari jarak dekat, dan sundulan tidak berakhir menjadi gol.

Bagi mereka yang sinis akan berpendapat bahwa Nunez tidak memiliki kemahiran dan ketenangan untuk diangkat ke status pencetak gol terhebat. Sementara pihak lain akan menunjuk pada kekacauan yang Nunez timbulkan di lini pertahanan lawan.

Dengan tak kenal lelah, Nunez tidak memberi kesempatan kepada bek lawan untuk meregangkan otot-otot. Dan, Nunez selalu memiliki cara agar timnya membuat gol meski bukan dari dirinya.

Pada laga melawan Chelsea, setelah terus-menerus gagal membuat gol, Nunez tidak frustrasi dan kehilangan spirit. Nunez masih mencatat assist penting kepada Luis Diaz. Hal ini mengukuhkannya sebagai penyerang paling kreatif Liverpool musim ini.

"Itu sangat sulit baginya. Lalu sundulannya membentur mistar gawang. Dia menciptakan assist bahkan setelah kekecewaan besar. Itu hal yang paling penting," kata Klopp usai laga melawan Chelsea.

Klopp meratapi kemalangan Nunez sepanjang musim. Ada masa kegagalan Nunez mencetak gol membuat timnya kehilangan poin. Namun kenyataannya adalah penampilannya sangat penting dalam membawa Liverpool ke puncak Premier League.

Hanya sekali, saat bertandang ke Luton Town pada awal November, kegagalan Nunez menghentikan Liverpool mengklaim kemenangan. Dia nyaris mengubah ejekan setelah setiap kegagalan menjadi kekaguman atas kemampuannya menciptakan begitu banyak peluang.

Sangatlah menyedihkan untuk mengatakan bahwa Nunez hampir menjadi striker kelas dunia. Jarak antara pantulan melewati garis atau di luar permainan masih menentukan reputasinya.

Nunez mungkin mendapat mengambil pelajaran dari rekan senegaranya, Luis Suarez, yang mengalami kutukan serupa pada musim keduanya di Anfield.

Pada musim 2012-13, Liverpool membentur gawang sebanyak 33 kali dalam 38 pertandingan di bawah asuhan Brendan Rodgers, dan Suarez menjadi aktor utamanya.

“Ada unsur keberuntungan. Akan lebih mengkhawatirkan jika peluang tidak tercipta. Mungkin musim depan semua yang membentur tiang dan keluar bisa masuk,” kata Suarez saat itu.

Musim berikutnya Suarez mencetak 33 gol. Dia menjadi salah satu striker paling ditakuti dan produktif di generasinya.

Akankah Nunez seperti itu? Biar waktu dan Dewi Fortuna yang menjawabnya.

Liverpool Darwin Nunez Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan