Daftar Top Skorer Sepanjang Masa Euro

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 08 Mei 2024
Daftar Top Skorer Sepanjang Masa Euro
Cristiano Ronaldo (Foto: X)

BolaSkor.com - Dalam kurun waktu sebulan ajang bergengsi di Eropa, Euro 2024 akan dimulai di Jerman. Pertandingan pertama dimainkan pada 15 Juni 2024 dini hari WIB antara Jerman melawan Skotlandia di Allianz Arena.

Dalam sejarah Euro, sederet talenta khususnya di lini serang telah mewarnai perjalanan event empat tahunan tersebut. Satu hal yang paling menarik dan dipertanyakan adalah top skorer sepanjang masa Euro.

Baca Juga:

Cedera, Harry Maguire Berpacu dengan Waktu untuk Final Piala FA dan Euro 2024

Euro 2024: UEFA Izinkan Tim Daftarkan 26 Pemain

Tiga Kandidat Juara Euro 2024 Versi Jose Mourinho

Beberapa pemain telah pensiun dan masih ada juga yang aktif bermain dan dapat menambah pundi-pundi golnya. Menilik dari FourFourTwo, berikut daftar top skorer sepanjang masa Euro jelang Euro 2024.

Lima Gol: Zinedine Zidane (Prancis), Marco van Basten (Belanda), Patrik Schick (Republik Ceko), Savo Milosevic (Yugoslavia), Robert Lewandowski (Polandia), Jurgen Klinsmann (Jerman), Mario Gomez (Jerman), Fernando Torres (Spanyol), Milan Baros (Republik Ceko).

Di antara nama-nama tersebut dua nama masih aktif bermain, yakni Patrick Schick (28 tahun) dan Robert Lewandowski (35 tahun). Mereka masih dapat menambah catatan gol di Euro.

Sementara nama lainnya pernah menjadi juara. Seperti Klinsmann yang menjadi kapten Jerman saat memenangi Euro 1996, juga dengan Torres saat mengunci titel Euro 2008 untuk timnas Spanyol.

Enam Gol: Ruud van Nistelrooy (Belanda), Wayne Rooney (Inggris), Nuno Gomes (Portugal), Romelu Lukaku (Belgia), Patrick Kluivert (Belanda), Zlatan Ibrahimovic (Swedia), Thierry Henry (Prancis), Alvaro Morata (Spanyol).

Romelu Lukaku (30 tahun) dan Alvaro Morata (31 tahun) memiliki kesempatan mencetak gol, beranjak naik pada daftar tersebut, sementara nama lainnya sudah pensiun. Sayang di antara mereka hanya ada satu yang pernah meraih trofi, yakni Henry bersama Prancis.

Nama lain seperti Ibrahimovic, Van Nistelrooy, Rooney, Kluivert, merupakan pemain-pemain legendaris yang disegani saat masih aktif bermain.

Tujuh Gol: Alan Shearer (Inggris), Antoine Griezmann (Prancis).

Legenda Newcastle United, Alan Shearer, mencetak enam gol pada Euro 1996 dan membawa Inggris lolos ke semifinal. Ia memenangi penghargaan top skorer turnamen, sementara satu gol lainnya tercipta di Euro 2000.

Berbeda dari Shearer yang sudah pensiun dan kini jadi pandit sepak bola, Antoine Griezmann masih aktif bermain pada usia 33 tahun. Belum menjuarai Euro, tetapi memenangi Piala Dunia 2018 bersama Prancis.

Sembilan Gol: Michel Platini (Prancis).

Bahkan meski saat ini Euro berisikan 24 tim, sulit melihat rekor sembilan gol Michel Platini pada Euro 1984 terulang kembali atau dipecahkan.

Mantan kapten timnas Prancis merupakan salah satu pemain terbaik dunia pada masanya, membawa negaranya memenangi Euro 1984. Platini juga pernah memenangi tiga Ballon d'Or.

14 Gol: Cristiano Ronaldo (Portugal)

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa Euro. Mencetak 14 gol dan masih dapat menambah jumlah golnya, sebab pada usia 39 tahun Cristiano Ronaldo masih akan bermain di Euro 2024.

Pemenang lima Ballon d'Or dan Euro 2016 sudah mencatatkan rekor partisipasi di lima Euro, berpotensi menambahnya jadi enam.

Euro Euro 2024 Trivia Sepak Bola Cristiano Ronaldo Timnas Portugal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.328

Bagikan