Daftar Penghargaan Premier League 2022-2023: Diborong Pemain Manchester City

Arief HadiArief Hadi - Senin, 29 Mei 2023
Daftar Penghargaan Premier League 2022-2023: Diborong Pemain Manchester City
Erling Haaland sabet dua penghargaan sekaligus (Laman Resmi Premier League)

BolaSkor.com - Premier League 2022-2023 telah berakhir. Manchester City membuktikan supremasi mereka sebagai penguasa Inggris dengan memenangi titel liga tiga kali beruntun. Tidak heran juga apabila sederet penghargaan Premier League didominasi mereka.

Sebelum memasuki para pemenang penghargaan-penghargaan di Premier League, ada baiknya untuk bersama melihat empat tim teratas yang lolos ke Liga Champions musim depan.

Dari urutan pertama hingga empat ditempati oleh Man City, Arsenal, Manchester United, dan Newcastle United. Peringkat lima dan enam klasemen atau zona Liga Europa dihuni oleh Liverpool dan Brighton & Hove Albion, diikuti Aston Villa di urutan tujuh (zona UEFA Conference League).

Baca juga:

Hasil Pertandingan dan Klasemen Akhir Premier League: Leeds United dan Leicester Turun Kasta

Manchester United 4-1 Chelsea: Segel Zona Liga Champions, Red Devils Rebut Posisi Tiga

Trofi Membuktikan, Musim Ini Manchester United Lebih Baik daripada Arsenal

Lantas siapa saja tiga tim yang degradasi? Ketiga tim itu adalah Leicester City, juara Premier League pada 2016, serta Leeds United dan Southampton. Ketiganya akan digantikan oleh tim-tim promosi dari Championship yakni: Burnley, Sheffield United, dan Luton Town.

Berikut sederet penghargaan beserta pemenangnya untuk Premier League musim 2022-2023:

1. Sarung Tangan Emas

Penjaga gawang berusia 32 tahun, David De Gea, telah memainkan 57 laga di seluruh kompetisi musim ini dengan Manchester United. Singkatnya, De Gea nyaris tak tergantikan sebagai kiper utama Red Devils.

Kendati acapkali melakukan kesalahan berbuah gol, kiper asal Spanyol terpilih sebagai pemenang Sarung Tangan Emas di Premier League atau penghargaan Kiper Terbaik.

De Gea mencatatkan 17 clean sheets dan meski di laga terakhir melawan Fulham kebobolan gol di Old Trafford, De Gea melakukan penyelamatan penalti dan menginspirasi comeback Man United.

Ini kali kedua De Gea memenangi penghargaan tersebut setelah musim 2017-2017. Musim ini, kiper yang sudah berada di Man United sejak 2011 itu melakukan 101 penyelamatan.

2. Dua Penghargaan untuk Erling Haaland

Diboyong seharga 60 juta euro dari Borussia Dortmund pada musim panas 2022, Erling Haaland langsung berkontribusi besar memberikan titel Premier League untuk Man City. Klub bahkan berpeluang memenangi treble winners musim ini.

Pada musim debutnya pemain berusia 22 tahun sudah memecahkan banyak rekor hingga menerima dua penghargaan sekaligus. Penghargaan pertama adalah Sepatu Emas Premier League atau penghargaan untuk top skorer.

Haaland menorehkan 36 gol dari 35 laga dan catatan itu sudah enam gol lebih dari striker Tottenham Hotspur, Harry Kane (30 gol). Haaland mengikuti jejak Carlos Tevez dan Sergio Aguero sebagai pemain Man City yang memenangi penghargaan tersebut.

Dengan 36 gol itu ia juga penilik catatan gol terbanyak dalam satu musim Premier League sepanjang masa. Haaland juga punya catatan 8 assists dan kontribusi 44 gol untuk Man City, menyamai rekor legenda Arsenal Thierry Henry.

Pecahnya rekor demi rekor oleh Haaland juga menjadikannya Pemain Muda Terbaik Premier League 2022-2023 pada usia 22 tahun.

"Saya merasa terhormat telah menjadi pemain pertama yang memenangkan kedua penghargaan di musim yang sama – terima kasih kepada semua orang yang memilih saya," kata Haaland di situs resmi Man City.

“Ini merupakan musim pertama yang luar biasa di Premier League dan mengangkat trofi akhir pekan lalu di depan para penggemar kami di Etihad adalah momen yang sangat spesial bagi saya."

"Penghargaan ini tidak akan mungkin terjadi tanpa rekan setim saya yang luar biasa, manajer dan semua staf di klub yang membantu saya tampil di lapangan. Sekarang kami memiliki dua final lagi dan kami ingin menyelesaikan musim dengan kuat."

3. Playmaker of the Season

Dominasi Man City berlanjut dengan terpilihnya Kevin De Bruyne sebagai Playmaker of the Season atau Pengatur Serangan Terbaik musim ini. De Bruyne meraihnya dengan catatan 16 assists musim ini dan penghargaan ini jadi yang ketiga setelah 2018 dan 2020.

Selain itu, mantan pemain Wolfsburg juga menjadi pemain pertama dalam sejarah Premier League yang finish sebagai raja assist di empat musim berbeda. Torehan tertingginya terjadi pada musim 2019-2020 dengan 20 assists.

Premier League Manchester City Manchester United Erling Haaland Kevin de Bruyne David De Gea
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.091

Bagikan