Chelsea Tekuk Tottenham Hotspur, VAR Kembali Jadi Sorotan di Premier League

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 07 November 2023
Chelsea Tekuk Tottenham Hotspur, VAR Kembali Jadi Sorotan di Premier League
Cristian Romero diberi kartu merah oleh Michael Oliver (Twitter)

BolaSkor.com - Tottenham Hotspur menelan kekalahan pertama di Premier League musim ini. Hasil itu didapat di pekan 11 melawan Chelsea di Tottenham Hotspur Stadium, Selasa (07/11) dini hari WIB. The Lilywhites kalah 1-4.

Derby London berakhir dengan kekalahan tuan rumah kala gol cepat Dejan Kulusevski (6'), dibalas gol Cole Palmer (35' penalti) dan tiga gol alias hat-trick Nicolas Jackson (75', 90+4', 90+7').

Pertandingan berubah dengan cepat pasca dua kartu merah yang diterima pemain Tottenham, Cristian Romero (33') dan Destiny Udogie (55'). Video Asisten Wasit alias VAR kembali menjadi sorotan di Premier League.

Pasca mendapatkan banyak kritik karena wasit di Inggris dinilai 'salah' menggunakan VAR, momen kontroversial kembali terjadi di Derby London dengan adanya lima gol yang dianulir, termasuk kartu merah Romero yang berujung penalti.

Baca Juga:

Tottenham Hotspur 1-4 Chelsea: Dua Kartu Merah dan Kekalahan Pertama The Lilywhites

Tottenham Hotspur Vs Chelsea, Ange Postecoglou Sindir Belanja Pemain The Blues

Sir Bobby Charlton dan 10 Pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966

Pasalnya, sebelum wasit laga Michael Oliver menunjuk kotak penalti, Moises Caicedo mencetak gol dan itu salah satu gol yang dianulir wasit.

Ange Postecoglou, pelatih Tottenham, membicarakan kinerja wasit dan VAR pada pertandingan tersebut. Postecoglou tidak mengkritik secara detail mengenainya, tetapi menurutnya hal yang paling tidak disukainya adalah waktu ketika menanti keputusan wasit yang melihat VAR.

Selain itu, adapun penggunaan VAR saat ini banyak disorot karena kritik yang datang dari publik dengan caranya digunakan musim ini.

"Saya tidak menyukainya, begitulah jalannya pertandingan," kata Postecoglou dikutip dari Standard Sports.

"Beberapa di antaranya adalah tindakan yang dilakukan sendiri karena jika kami keluar setiap pekan untuk mengeluh tentang keputusan, itulah yang akan terjadi."

"Setiap keputusan akan diperiksa secara forensik dan kita akan duduk dalam waktu lama di setiap pertandingan untuk mencoba mencari tahu apa yang sedang terjadi."

"Utopia kala tidak ada keputusan yang salah dalam permainan tidak akan pernah ada. Ini adalah kesalahan kami sendiri karena kami mengeluh tentang keputusan setiap minggu."

"Saya jamin hal berikutnya adalah kita akan mendengar wasit menggunakan mikrofon, ada banyak olahraga lain di mana Anda bisa menontonnya," tegasnya.

Tim besutan Postecoglou sedianya tak diuntungkan karena keputusan wasit tersebut, tetapi Postecoglou tidak menunjukkan rasa kecewa dengannya.

"Anda harus menerima keputusan wasit, begitulah saya tumbuh. Pengikisan terus-menerus terhadap otoritas wasit adalah hasil akhir pertandingan - mereka tidak akan memiliki otoritas apapun," tambah Postecoglou.

"Kita akan berada di bawah kendali seseorang dengan layar TV beberapa mil jauhnya."

"Keputusan tetaplah keputusan. Dalam 26 tahun saya telah mengambil banyak keputusan buruk, banyak hal yang merugikan saya. Memang itulah yang terjadi," pungkasnya.

VAR Premier League Tottenham Tottenham Hotspur Chelsea
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.184

Bagikan