Cerita Tegangnya Rachmat Irianto saat Sidang Skripsi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 19 April 2023
Cerita Tegangnya Rachmat Irianto saat Sidang Skripsi
Pemain Timnas Indonesia dan Persib Bandung, Rachmat Irianto menjalani sidang skripsi S-1 Universitas Negeri Surabaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Penggawa Timnas Indonesia dan Persib Bandung, Rachmat Irianto, berhasil mempertahankan skripsinya di Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK), Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dia mengangkat skripsi tentang profil atlet sepak bola dalam proses pencapaian prestasi.

Rian, sapaan akrab Rachmat Irianto, mengaku tegang ketika akan menunggu kehadiran para penguji di Ruang Sidang, Gedung U4, FIKK, Kampus Lidah Wetan, pada Selasa (18/4) siang.

“Jelas deg-degan sama seperti main bola. Ngalah-ngalahi bal-balan ini. (Tapi) dibawa enjoy aja bawaanya seneng. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa menyelesaikan kuliah. Tinggal menunggu pengumuman (wisuda) saja,” ungkap Rian.

Baca Juga:

Aktivitas Skuat Persib Bandung Setop hingga Awal Juni

PT LIB Jelaskan soal PSM Tidak Dapat Prize Money Juara Liga 1 2022/2023

Bagaimana tidak, mantan pemain Persebaya Surabaya tersebut diuji langsung oleh dua orang bergelar profesor. Yakni Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Dosen FIKK, Prof. (HC) Dr. Zainudin Amali, S.E., M.Si. Kemudian ada Dekan FIKK Dr. Dwi Cahyo Kartiko, M.Kes dan Koordinator Prodi PJKR yang juga ketua sidang Mochammad Ridwan, S.Pd., M.Pd.

Meski terlihat tegang, Rian begitu luwes ketika memberi penjelasan dan menjawab pertanyaan dosen penguji. Dia begitu hafal dan mengerti atas skripsi yang dikerjakannya itu. Pemain berusia 23 tahun itu lega bisa menjalani skripsi dengan baik.

“Saya kerjakan di tengah kesibukan sebagai pesepakbola profesional, latihan dan pertandingan. Jujur, karena tentang diri saya sendiri, jadinya tenang soalnya hafal dan mengerti atas skripsi yang saya kerjakan,” sebut Rian.

Rachmat Irianto
Pemain Timnas Indonesia dan Persib Bandung, Rachmat Irianto menjalani sidang skripsi S-1 Universitas Negeri Surabaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

Sementara itu, Rektor Unesa Nurhasan menawarkan beasiswa lanjut studi (S-2) kepada Rian. Hal ini selain sebagai apresiasi atas prestasi Rian sebagai atlet atau pesepak bola profesional juga karena kontribusinya di dunia sepak bola Tanah Air.

“Tidak hanya S-2, tetapi juga S-3, kami siapkan beasiswa. Tugas Rian hanyalah fokus latihan dan latihan saja. Terkait pendidikan itu kami sudah siapkan formatnya yang berbeda dari sistem reguler,” ucap Cak Hasan, sapaan Nurhasan.

Tawaran itu disambut antusias oleh Rian. Dia mengaku akan mengambil dan memanfaatkan beasiswa tersebut untuk mengembangkan diri baik itu sebagai pelatih maupun dosen di Unesa. Putra dari legenda sepakbola nasional Bejo Sugiantoro itu juga siap menjadi role model bagi para pemain muda.

“Main bola itu kan usianya gak menentu. Mungkin usia 24 atau 25 ada kejadian yang tidak kita inginkan, karir bisa saja usai. Atlet perlu adaptasi karir masa depan yang lebih baik, termasuk regenerasi atlet, salah satunya lewat pendidikan,” tutup Rian. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Rachmat Irianto Persib Bandung Timnas Indonesia Breaking News Liga 1
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.125

Bagikan