Cerita Kiper Persebaya Ernando Ari Tertawakan Blundernya Sendiri Kontra Timnas Argentina

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 22 Juni 2023
Cerita Kiper Persebaya Ernando Ari Tertawakan Blundernya Sendiri Kontra Timnas Argentina
Penjaga gawang Ernando Ari Sutaryadi (kiri) saat menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia di Surabaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Pengalaman menghadapi Argentina sebagai pelajaran berharga bagi Ernando Ari Sutaryadi. Sadar dirinya melakukan sejumlah kesalahan, membuatnya bertekad bekerja keras untuk menjadi lebih baik.

Timnas Indonesia menelan kekalahan dengan skor 0-2 dari Argentina. Meski begitu, ada banyak momen menarik yang terjadi pada laga tersebut. Salah satunya aksi-aksi menawan Ernando Ari menghalau gempuran Giovani Lo Celso dkk. pada laga FIFA Match Day Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6) kemarin.

Dia juga mengakui melakukan blunder yang membahayakan gawang skuat Garuda. Pada menit ke-11, Indonesia mendapat tendangan gawang. Eksekusi dilakukan pendek oleh Ernando Ari pada bek Jordi Amat Maas.

Tapi, pemain kelahiran Katalan, Spanyol itu mengembalikan bola lagi kepada Ernando Ari. Namun kontrol bola kiper asli Semarang tersebut tak sempurna. Alhasil bola yang sempat terlepas nyaris direbut penyerang Argentina, Julian Alvarez.

Baca Juga:

Izin dan Administrasi Beres, Uji Coba PSIS Vs Phnom Penh Crown pada 24 Juni

Thomas Doll Terkejut Pemain RANS Nusantara Selebrasi Usai Kalahkan Persija

Bola memang akhirnya dikuasai Argentina. Tapi untungnya pemain-pemain Indonesia langsung balik ke area pertahanannya dengan cepat. Di momen tersebut, Ernando Ari menertawakan kesalahan dirinya sendiri kendati pertandingan masih berjalan.

“(Saat) blunder kemarin itu, ya Allah saya ketawa-tawa saja di lapangan. Tapi tidak apa-apa toh lawannya juara dunia,” sebut Ernando Ari ketika ditemui di Lapangan THOR, Surabaya, usai sesi latihan Persebaya.

“Kaget sih karena yang pressing-nya kencang sekali (Julian) Alvarez. Kencang sekali dia, saya baru pegang bola, tiga detik mungkin, sudah sampai di depan saya,” tambahnya.

Kiper berusia 21 tahun itu juga menyebutkan jika tendangan keras Leandro Daniel Paredes dari luar kotak penalti cukup menyulitkannya. Apalagi, posisi gelandang Juventus itu tak terkawal. Belum lagi tandukkan Cristian Gabriel Romero yang membuat Argentina menambah keunggulan 2-0.

Menurutnya, pertandingan tersebut tak hanya dibuatnya menambah jam terbang, tapi pengalaman juga. Ernando Ari bertekad memperbaiki untuk menghindari melakukan banyak kesalahan.

“Pelajaran yang dapat saya ambil diantaranya lebih banyak cepat ambil keputusan. Banyak-banyak baca (arah) bola dialirkan. Dan salah satu yang penting itu harus lebih banyak memainkan bola dengan kaki,” terang Ernando Ari.

Meski melakukan kesalahan, pemain yang mengantarkan Timnas U-22 Indonesia meraih medali emas SEA Games Kamboja 2023 tersebut juga melakukan sederet penyelamatan krusial yang mendatangkan decak kagum.

Penyelamatan pertama Ernando Ari langsung terjadi pada menit ke-10 ketika tendangan melambung dari Molina mengarah tepat ke gawangnya. Kemudian di menit ke-14, teror ke gawang Indonesia dari pemain tengah Geovani Lo Celso kembali berhasil digagalkan oleh Ernando Ari.

Termasuk ketika dirinya mampu menggagalkan peluang one on one Facundo Buonanotte pada menit ke-29, dan tembakan wonderkid Manchester United Alejandro Garnacho pada menit ke 85.

Perasaannya campur aduk usai melakoni laga tersebut. Ernando Ari juga bersyukur dapat bertukar jersey dengan kiper Argentina, Damian Emiliano Martinez Romero. “Saya pajang saja. Ini belum saya cuci (ada) di rumah. Supaya (jadi) pengingat saya dan pengalaman ini berharga sekali buat saya,” tandasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Ernando Ari Sutaryadi Persebaya surabaya Timnas Indonesia Argentina
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan