Cerita di Balik Penunjukan Fernando Valente Menjadi Pelatih Arema FC

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 24 Agustus 2023
Cerita di Balik Penunjukan Fernando Valente Menjadi Pelatih Arema FC
Fernando Valente. (Media Arema FC)

BolaSkor.com - Arema FC sudah resmi menetapkan Jose Fernando Martins Valente sebagai pelatih baru untuk mengangkat performa tim, Rabu (23/8). Namun di balik kesepakatan yang terjadi, Tim Singo Edan mengakui bahwa proses mencari pelatih baru sangat tidak mudah di tengah situasi genting saat ini.

Ya, Arema FC memang sedang dalam masa-masa kritis akibat belum mampu meraih kemenangan satupun dari 9 pertandingan kompetisi. Posisi tim pun kini sedang genting karena terpaku di dasar klasemen Liga 1 dengan baru meraih 3 poin dari 3 kali imbang dan 6 kali kalah.

Oleh karena itu, Arema FC menyertakan klausul dengan target tinggi ke dalam kontrak, untuk segera mengangkat tim dari dasar klasemen. Karena faktor itu pula, hampir semua kandidat pelatih yang masuk radar Arema FC tak mampu memenuhinya.

Baca Juga:

Arema FC Resmikan Fernando Valente sebagai Pelatih Baru

PSIS Tanpa Kekuatan Penuh Lawan Persik Kediri, Siapa Saja yang Absen?

"Beberapa pelatih yang kami dekati, tidak mau (menjawab tawaran) karena harus menerima tantangan ini. Ada beberapa pelatih lokal yang kriterianya cocok, tapi memang kami prioritaskan pelatih asing, ada 3 sampai 4 dengan nama besar," ujar General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi.

"Kami butuh adaptasi yang cepat dengan tantangan ini. Tapi dari semua daftar itu, failed (gagal). Ada pelatih yang mau, tapi ada alasan yang secara prinsip tidak cocok. Ada juga dengan alasan mau ke Arema FC karena keluarga dan lain-lain," imbuhnya.

Situasi itulah yang kemungkinan besar membuat proses penunjukan pelatih baru berlangsung agak lama. Padahal, sejumlah nama sudah santer dikabarkan merapat. Seperti Divaldo Alves (eks pelatih Persik Kediri) maupun Aji Santoso (eks pelatih Persebaya Surabaya yang kini membesut Persikabo 1973).

"Akhirnya cocok dengan Fernando Valente. Ia punya lisensi UEFA Pro dan Euro Linguistik atau sertifikat mengangkat mental pemain. Ini yang menjadi nilai plusnya dibanding pelatih-pelatih lain di list (daftar) kami," tutup Yusrinal.

Yang pasti, tugas Fernando Valente memang tak akan mudah. Setidaknya, ayah playmaker Persebaya, Ze Valente itu dibebani target menang saat Arema FC menjamu Persikabo 1973 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Senin (28/8) nanti. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi)

Arema FC Fernando Valente Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan