Bukan Manuel Neuer, Ilkay Gundogan Kapten Timnas Jerman

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 18 Oktober 2023
Bukan Manuel Neuer, Ilkay Gundogan Kapten Timnas Jerman
Ilkay Gundogan (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Jerman menatap positif era baru di bawah arahan Julian Nagelsmann. Laga debutnya sudah dilalui dengan baik saat Jerman menang 3-1 atas Amerika Serikat di laga persahabatan.

Pada pertandingan tersebut, Jerman bahkan sempat tertinggal satu gol sebelum melakukan comeback. Kebangkitan Jerman itu dibutuhkan, khususnya oleh fans, mengingat Jerman akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2024.

Tidak hanya memotivasi skuad Jerman dan menerapkan filosofi sepak bola baru, Nagelsmann juga langsung memilih kapten utama timnas Jerman untuk Piala Eropa 2024.

Sosok kapten itu adalah gelandang berusia 32 tahun, Ilkay Gundogan. Pemain Barcelona itu menjadi kapten Jerman di kala kapten utama, Manuel Neuer, cedera dan sudah absen membela Jerman sejak Desember 2022.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024: Spanyol Tekuk Skotlandia, Norwegia Jaga Asa Lolos

Disambangi Polisi Terkait Skandal Judi, Zaniolo dan Tonali Dipulangkan dari Skuad Italia

Amerika Serikat 1-3 Jerman: Comeback Die Mannschaft, Debut Manis Julian Nagelsmann

"Ilkay akan tetap jadi kapten (timnas Jerman). Penting untuk terus memiliki kelanjutan yang jelas di sini," tegas Nagelsmann seperti dilansir dari BILD.

Dengan keputusan tersebut, menurut BILD, secara tidak langsung ada potensi Neuer pensiun karena belakangan ia banyak cedera dan usianya kini berumur 37 tahun.

Terlebih, hubungan Neuer dengan Nagelsmann tidak baik sejak keduanya bersama di Bayern Munchen. Neuer tidak suka dengan cara Nagelsmann memecat tiba-tiba Toni Tapalovic, eks pelatih kiper Bayern Munchen.

Neuer memiliki hubungan baik dengan Tapalovic melebihi kolega pekerjaan, tetapi juga hubungan di luar sepak bola. Hal itu diyakini jadi salah satu alasan Bayern memecat Nagelsmann dan menggantikannya dengan Thomas Tuchel.

Manuel Neuer Ilkay gundogan Timnas Jerman Bayern munchen
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.197

Bagikan