Bintang Laga Prancis Vs Argentina: Kylian Mbappe, Ukir Rekor dalam Sejarah 92 Tahun Piala Dunia

Arief HadiArief Hadi - Senin, 19 Desember 2022
Bintang Laga Prancis Vs Argentina: Kylian Mbappe, Ukir Rekor dalam Sejarah 92 Tahun Piala Dunia
Kylian Mbappe (Twitter)

BolaSkor.com - Salah satu laga seru dan terbaik dalam sejarah final Piala Dunia berlangsung di final Piala Dunia 2022 Qatar. Laga itu mempertemukan juara bertahan, timnas Prancis, melawan timnas Argentina di Lusail Stadium, Minggu (18/12) malam WIB.

Pertandingan berjalan dengan sangat seru dan berakhir 3-3 di waktu normal. Tiga gol Argentina dicetak oleh dua gol Lionel Messi (23' penalti dan 108') dan Angel Di Maria (36'), sementara tiga gol Prancis lahir dari hat-trick Kylian Mbappe (80' penalti, 81', 118' penalti).

Lupakan untuk sesaat penguasaan bola 55 persen Argentina atas 45 persen Prancis, serta 20 tendangan (10 tepat sasaran Argentina) berbanding 10 tendangan (5 tepat sasaran Prancis), sebab laga di Lusail Stadium sangatlah menghibur bagi penonton netral.

Pada akhirnya pemenang ditentukan pada drama adu penalti. Argentina, yang sudah memainkan adu penalti kala melawan Belanda, terasah secara mental dan sukses jadi pemenang dengan skor 4-2.

Baca Juga:

Prancis 3-3 Argentina (2-4 Pen): Akhir Penantian 36 Tahun Trofi Piala Dunia Albiceleste

Gagal di Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo Disarankan Pensiun

Tampil Bagus di Piala Dunia 2022, 8 Pemain Berpeluang Ganti Klub pada 2023

Tidak ada eksekutor penalti Argentina yang gagal mencetak gol, sementara dari Prancis dua penendang tak mencetak gol yaitu Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni. Sepakan Coman ditepis Emiliano Martinez dan sepakan Tchouameni melebar.

Argentina pun juara Piala Dunia untuk kali ketiga dan yang pertama sejak 1986. Lionel Messi setara dengan Mario Kempes dan Diego Maradona dengan mengangkat trofi Piala Dunia, melengkapi kesuksesan besar dalam kariernya yang sudah memenangi banyak trofi besar serta penghargaan personal.

Bintang Laga

Lionel Messi, Angel Di Maria, atau Emiliano Martinez layak memenangi penghargaan Bintang Laga atau Man of the Match, tapi BolaSkor menjatuhkan pilihan itu kepada pencetak hat-trick gol di Lusail Stadium: Kylian Mbappe.

Menilik usianya yang baru berumur 23 tahun, Mbappe memikul tanggung jawab besar untuk mengangkat performa Prancis dan ia melakukannya dengan trigol tersebut, trigol yang membuat laga berakhir imbang 3-3.

Menurut Squawka, tidak ada pemain dalam sejarah 92 tahun Piala Dunia yang mencetak gol lebih banyak di final ketimbang Kylian Mbappe (tiga gol). Kariernya di Piala Dunia pun tidak main-main.

Bintang PSG sudah 14 kali bermain di Piala Dunia, menorehkan 12 gol, memberikan dua assists, dan memenangi penghargaan Sepatu Emas (gelar top skorer Piala Dunia) tahun ini dengan torehan delapan golnya. Jangan lupa juga Mbappe sudah punya satu trofi piala Dunia kala memenanginya pada 2018 di Rusia.

Pada usia tersebut Mbappe masih bisa bermain di Piala Dunia 2026 atau bahkan 2030. Tak ayal masa depannya cerah dan di final Piala Dunia 2022, eks pemain AS Monaco menuliskan namanya dalam sejarah sepak bola dunia.

Piala dunia 2022 Bintang Laga Piala Dunia 2022 Prancis Timnas Prancis Kylian Mbappe Argentina Timnas Argentina
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.831

Bagikan