Piala Asia U-23 2024

Bicara Persaingan di Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong Tak Merasa Terbebani Target

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 02 April 2024
Bicara Persaingan di Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong Tak Merasa Terbebani Target
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, bicara soal persaingan di Piala Asia U-23 2024. Skuad Garuda Muda yang berstatus sebagai tim debutan tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Menurut Shin Tae-yong, Grup A merupakan salah satu grup paling sulit. Tiga tim pesaing Timnas Indonesia U-23, yakni Australia, Qatar dan Yordania, di atas kertas kekuatannya lebih baik.

"Apalagi Qatar juara Piala Asia (senior) kemarin. Yordania (runner-up Piala Asia 2023) dan Australia juga tidak bisa diremehkan," kata Shin Tae-yong.

"Jadi saya akan bekerja lebih keras dan semaksimal mungkin agar bisa membentuk tim yang lebih baik," ujarnya menambahkan.

Shin Tae-yong hanya punya waktu kurang dari dua pekan untuk mempersiapkan timnya. Pelatih asal Korea Selatan tersebut memboyong Timnas Indonesia U-23 ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), untuk pemusatan latihan atau training camp (TC).

TC itu berlangsung mulai hari ini, Selasa (2/4). Di Dubai, Rizky Ridho dan kawan-kawan juga akan melakoni dua uji coba melawan Arab Saudi (5/4) dan UEA (8/4).

"Jujur sebagai pelatih memang kurang cukup waktunya. Akan tetapi yang namanya pelatih harus begitu. Maksudnya dalam waktu yang singkat ini kita harus mencoba membentuk tim ini menjadi lebih baik. Jadi dalam waktu yang singkat ini akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," tutur Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Erick Thohir Berharap Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Ingin Timnas U-23 Lolos Olimpiade Paris 2024, Ernando Ari Tak Gentar Bertemu Australia sampai Qatar

Timnas Indonesia U-23 Uji Coba Lawan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab

Selain diberangkatkan ke Dubai untuk TC, PSSI juga sampai menghentikan sementara waktu lanjutan Liga 1 2023/2024 mulai 1 April sampai selesainya Piala Asia U-23 2024. Keputusan ini diambil supaya Shin Tae-yong bisa membawa seluruh pemain terbaik yang beredar di Liga 1.

Buktinya, dari 28 pemain Timnas Indonesia U-23, 22 di antaranya berasal dari tim-tim Liga 1. Persija Jakarta menjadi tim terbanyak yang menyumbang, yakni lima pemain.

Upaya dari PSSI dan pengorbanan dari PSSI itu tentu harus dijawab dengan prestasi oleh Shin Tae-yong. Ia ditargetkan untuk meloloskan Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade Paris 2024.

Untuk membuka asa berlaga di Olimpiade, Timnas Indonesia U-23 harus melaju setidaknya sampai babak semifinal. Juara, runner-up dan tim peringkat tiga Piala Asia U-23 akan lolos otomatis ke Olimpiade 2024.

Sementara itu, tim yang kalah di laga perebutan tempat ketiga akan menjalani laga play-off melawan wakil dari Afrika, Guinea, untuk meraih tiket ke Paris. Terkait target itu, Shin Tae-yong tidak merasa terbebani.

Sepanjang sejarah, Timnas Indonesia baru satu kali berlaga di Olimpiade, yakni pada tahun 1956 di Melbourne, Australia. Skuad Garuda yang dilatih Tony Pogacnik terhenti di babak perempat final usai dikalahkan Uni Soviet 0-4.

"Memang tekanan pasti ada ya dan situasi yang sulit juga buat klub-klub Liga 1. Tetapi kan saat ini memang Timnas Indonesia semakin berkembang juga dan saya bekerja keras memajukan sepak bola Indonesia. Harusnya ini tidak menjadi tekanan bagi saya," tutur Shin Tae-yong.

Timnas indonesia u-23 Shin Tae-yong Pssi Erick thohir Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Olimpiade Olimpiade 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.320

Bagikan