Belanda 2-4 Kroasia: Permalukan Oranje di De Kuip, Vatreni Menuju Final Nations League

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 15 Juni 2023
Belanda 2-4 Kroasia: Permalukan Oranje di De Kuip, Vatreni Menuju Final Nations League
Belanda 2-4 Kroasia (@CBSSportsGolazo)

BolaSkor.com - Kuatnya mentalitas timnas Kroasia kembali terbukti di semifinal UEFA Nations League melawan Belanda, Kamis (15/06) dini hari WIB di De Kuip. Sempat tertinggal 0-1, Vatreni - julukan Kroasia - pada akhirnya melakukan comeback dan menang 4-2.

Kroasia ke final dan menanti pemenang laga antara Italia dan Spanyol. Laga kedua tim akan dimainkan pada Jumat (16/06) pukul 01.45 dini hari WIB di De Grolsh Veste, Belanda.

Bermain di De Kuip, Belanda mendapatkan dukungan langsung dari fans dan coba mengambilalih inisiatif laga sejak awal. Akan tapi Kroasia, dengan segudang pengalaman mereka, mampu mengimbangi Belanda.

Belanda perlahan keluar dari tekanan dan mampu membuat Kroasia kerepotan. Hasilnya, pada menit 34 berawal dari bola yang diberikan Nathan Ake kepada Mats Wieffer, bola dikirim kepada Donyell Malen yang mengonversinya jadi gol. Kiper Kroasia, Dominik Livakovic, tak dapat menepisnya. 1-0 Belanda unggul.

Baca Juga:

Sederet Catatan Menarik dari Keberhasilan Spanyol Lolos ke Semifinal UEFA Nations League

Jadwal Siaran Langsung Semifinal UEFA Nations League

Undian Semifinal UEFA Nations League: Spanyol Jumpa Italia, Belanda Tantang Kroasia

Selebrasi gol Donyell Malen (Twitter)

Kedudukan tersebut bertahan hingga paruh pertama habis. Kroasia lebih menghadirkan banyak ancaman dari sisi ofensif, bermain dengan kualitas teknik, tetapi pertahanan Belanda masih solid membendungnya. Belanda unggul 1-0.

Di babak kedua 'angin segar' didapatkan Kroasia setelah meningkatkan intensitas permainan. Pada menit 54 Cody Gakpo menjatuhkan Luka Modric di kotak penalti dan berujung penalti untuk Kroasia. Andrej Kramaric menjadi eksekutor penalti dan menjalankan tugasnya dengan baik. 1-1 kedudukan sama kuat.

Entah apa yang diucapkan Zlatko Dalic di jeda babak pertama, Kroasia bermain lebih baik di awal babak kedua. Usai mendapatkan momentum dari penalti, Kroasia bahkan sukses melakukan comeback pada menit 72.

Berawal dari umpan silang Luka Ivanusec, bola disambar Mario Pasalic yang lebih cepat dari Virgil van Dijk dan mencetak gol. 2-1 Kroasia berbalik unggul di De Kuip.

Sejumlah pergantian pemain dilakukan kedua tim dan kini Belanda coba mencetak gol penyama kedudukan. Kesabaran mereka saat membangun serangan pun berbuah hasil dan menjadi gol dramatis di menit 90+6.

Bola operan ke dalam jauh diberikan ke kotak penalti dan Teun Koopmeiners mengarahkannya ke zona berbahaya, pada momen tersebut pemain pengganti, Noa Lang, menyambar bola dan sukses mencetak gol. 2-2 dan laga berlanjut ke babak tambahan.

Belanda terhindarkan dari kekalahan 'memalukan' karena comeback Kroasia, apalagi mereka bermain di De Kuip, tetapi Kroasia memiliki mental baja dan mereka memperlihatkannya di menit 98. Usai menerima assist dari Modric, Bruno Petkovic melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dan sukses menjebol gawang Belanda. 3-2 Kroasia kembali unggul.

Gol Bruno Petkovic (Twitter)

Koeman memasukkan Tyrell Malacia dan Marten de Roon di awal babak tambahan kedua, menggantikan Nathan Ake dan Cody Gakpo. Baru masuk bermain, Malacia sudah memberikan penalti untuk Kroasia ketika menjatuhkan pemain Kroasia di kotak terlarang.

Kali ini, Luka Modric mengambil penalti dan dengan tenang mencetak gol, membawa Kroasia unggul 4-2 atas Belanda dan juga mengantarkan negaranya menuju final. Kroasia ke final dan menanti pemenang laga antara Italia melawan Spanyol.

Susunan Pemain:

Belanda (4-3-3): Justin Bijlow; Denzel Dumfries (Noa Lang 85'), Lutsharel Geertruida, Virgil van Dijk, Nathan Ake (Tyrell Malacia 105'); Mats Wieffer (Georginio Wijnaldum 75'), Teun Koopmeiners, Frenkie de Jong; Xavi Simons (Wout Weghorst 64'), Cody Gakpo (Marten de Roon 105'), Donyell Malen (Steven Bergwijn 75').

Pemain Cadangan: Mark Flekken, Andries Noppert, Daley Blind, Sven Botman, Georginio Wijnaldum, Steven Bergwijn, Joey Veerman, Jurrien Timber, Marten de Roon, Noa Lang, Wout Weghorst, Tyrell Malacia.

Pelatih: Ronald Koeman

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic (Josip Stanisic 79'), Domagoj Vida, Josip Sutalo (Bruno Petkovic 90'), Ivan Perisic; Luka Modric (Borna Barisic 119'), Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic (Lovro Majer 85'); Mario Pasalic, Andrej Kramaric (Martin Erlic 85'), Luka Ivanusec (Nikola Vlasic 78').

Pemain Cadangan: Nediljko Labrovic, Ivica Ivusic, Lovro Majer, Bruno Petkovic, Dion Beljo; Nikola Vlasic, Petar Musa, Josip Stanisic, Borna Barisic, Martin Erlic, Borna Sosa.

Pelatih: Zlatko Dalic

Kroasia Timnas Kroasia UEFA Nations League Belanda Timnas Belanda
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan