Bek Bali United Leonard Tupamahu Dukung Keputusan PSSI Berlakukan Degradasi

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 27 Mei 2021
Bek Bali United Leonard Tupamahu Dukung Keputusan PSSI Berlakukan Degradasi
Leonard Tupamahu. (Bali United)

BolaSkor.com - Bek Bali United, Leonard Tupamahu merespons positif penerapan sistem promosi dan degradasi pada kompetisi Liga 1 2021. Kebijakan ini akan membuat kompetisi kasta tertinggi Tanah Air berjalan lebih kompetitif.

PSSI membuat pengumuman melalui laman resminya terkait sistem promosi dan degradasi di Liga 1 2021. Sistem ini tetap diberlakukan musim ini setelah Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan melakukan rapat dengan komite eksekutif (Exco) PSSI.

Dengan begitu, akan ada tiga tim dari Liga 1 yang akan terdegradasi ke Liga 2 2022. Sebaliknya, tiga tim terbaik dari Liga 2 berhak tampil pada kompetisi Liga 1 2022.

Baca Juga:

Degradasi Tetap Diterapkan di Liga 1, Pelatih Persib Beri Respons

Dendi Santoso Soccer School, Cara Kapten Arema FC Berdedikasi di Sepak Bola

Keputusan ini mendapat sambutan gembira dari para suporter. Sejak wacana kompetisi tanpa degradasi muncul, para suporter melakukan penolakan keras yang disuarakan melalui media sosial.

Bukan para suporter saja yang mendukung penuh sistem kompetisi dengan promosi dan degradasi. Leonard Tupamahu pun melihat ada banyak sisi positif yang akan didapat dengan penerapan sistem ini.

"Saya pikir dengan keputusan PSSI ini sudah sangat tepat karena esensi dari Liga itu sendiri jadi lebih terasa dan liga akan lebih kompetitif dengan adanya sistem promosi dan degradasi," terang Leonard Tupamahu, Kamis (27/5).

Bali United tetap menjadi kandidat juara Liga 1 2021. Meski gagal berprestasi pada Piala Menpora 2021, kekuatan Bali United tak mengalami perubahan berarti dibanding saat juara Liga 1 2019.

Justru kekuatan Bali United bertambah dengan masuknya beberapa pemain berlabel Timnas Indonesia, seperti Lerby Eliandry, Gavin Kwan Adsit hingga M Rahmat. Namun, Leonard melihat bahwa persaingan di Liga 1 akan berjalan ketat.

"Kalau dilihat dari persaingan, semua tim punya peluang yang sama untuk menjuarai liga," tuturnya Leonard.

Kompetisi Liga 1 rencananya akan digulirkan pada pekan pertama bulan Juli mendatang. Kompetisi dipastikan terpusat di Pulau Jawa dan tetap berjalan tanpa penonton.

"Soal tanggal pelaksanaan, saya berharap semuanya bisa jalan tepat waktu," paparnya.

Sebelum melakoni Liga 1 2021, Bali United lebih dahulu akan bertanding di Piala AFC 2021. Tergabung di grup G, Bali United akan bertanding pada 30 Juni hingga 6 Juli 2021 mendatang. (Laporan kontributor Putra Wijaya/Bali)

Leonard Tupamahu Liga 1 Breaking News Bali United
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan