Barcelona Tunjuk Eks Pemain yang Didepak demi Lindungi Messi sebagai Direktur Olahraga Baru

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 17 Agustus 2023
Barcelona Tunjuk Eks Pemain yang Didepak demi Lindungi Messi sebagai Direktur Olahraga Baru

BolaSkor.com - Barcelona resmi menunjuk mantan pemain mereka, Deco, sebagai direktur olahraga baru menggantikan Mateu Alemany. Mantan gelandang asal Portugal itu menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dengan Barcelona.

"Deco akan bertugas menetapkan filosofi olahraga FC Barcelona dan menyatukan skuad dengan pelatih dan tim pelatih serta menjadi kepala bagian sepak bola," demikian pernyataan klub.

Deco pertama kali bergabung dengan Barcelona dari Benfica pada 2004. Deco turut berjasa memenangkan LaLiga sebanyak dua kali dan Liga Champions pada 2006 selama empat musim bertugas.

Baca Juga:

Tolak Tawaran Selangit Al Hilal, Mbappe Dikabarkan Pilih Real Madrid

Hasil Pertandingan: Real Madrid Raih Tiga Poin, Newcastle Gilas Aston Villa

Jawaban Mauricio Pochettino Terkait Rumor Chelsea Incar Kylian Mbappe

Lepas dari Barcelona, Deco yang bernama lengkap Anderson Luis de Souza kemudian bermain dua musim untuk Chelsea sebelum kembali ke negara kelahirannya, Brasil dan menyelesaikan kariernya di Fluminense.

Penunjukan Deco menyusul perombakan Barcelona yang telah diumumkan pada bulan Mei lalu. Direktur olahraga tim saat ini, Mateu Alemany akan meninggalkan klub saat jendela transfer ditutup.

Selain Alemany, Barcelona juga ditinggal direktur olahraga mereka Jordi Cruyff pada Mei.

Deco sebelumnya telah bertugas untuk Barcelona dalam proses transfer Arda Guler dari Fenerbahce. Namun, pemain asal Turki itu lebih memilih gabung Real Madrid.

Deco masih akan bekerja bersama Mateu Alemany sampai bursa transfer musim panas tahun ini ditutup pada 2 September.

Kepercayaan yang berikan kepada Deco terbilang menarik. Pasalnya hubungannya dengan Barcelona sempat tidak harmonis yang berbuntut penjualannya ke Chelsea.

Saat itu, diketahui penjualan Deco dan juga bintang Barcelona lainnya, Ronaldinho, ternyata tidak semata soal kebutuhan taktikal atau terkait dengan kebijakan keuangan klub. Barcelona melepas dua bintangnya itu demi melindungi Lionel Messi.

Messi yang saat itu tengah jadi rising star dikhawatirkan terkena pengaruh buruk yang dibawa Deco dan Ronaldinho. Ketika itu kedua pemain yang memang dekat dengan Messi itu kerap datang ke latihan dalam keadaan mabuk.

Khawatir memberi pengaruh buruk kepada bintang muda mereka, Barcelona akhirnya memutuskan menjual Deco dan Ronaldinho. Deco berlabuh ke Chelsea dan Ronaldinho hengkang ke AC Milan.

Barcelona LaLiga Deco Lionel Messi Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.171

Bagikan