Bak Dejavu 25 Tahun Silam, Barcelona Disingkirkan Manchester United di Eropa

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 24 Februari 2023
Bak Dejavu 25 Tahun Silam, Barcelona Disingkirkan Manchester United di Eropa
Xavi Hernandez, pelatih Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - Perjalanan FC Barcelona di Eropa telah berakhir. Blaugrana - julukan Barcelona - disingkirkan Manchester United di leg dua play-off Liga Europa yang berlangsung di Old Trafford, Jumat (24/02) dini hari WIB.

Sempat unggul dari gol penalti Robert Lewandowski (18') setelah Alejandro Balde dijatuhkan Bruno Fernandes di kotak penalti, Red Devils bangkit di babak kedua melalui gol yang dilesakkan Fred (47') dan Antony (73'). Man United lolos dengan agregat gol 4-3.

Alhasil Barcelona mencatatkan kembali catatan minor yang tak mereka inginkan. Barcelona musim ini sudah gagal melewati fase grup Liga Champions hingga turun kasta bermain di Liga Europa. Di sana perjalanan mereka juga berakhir di play-off.

Pertama bagi Barcelona sejak musim 1998-1999 atau 25 tahun lalu, mereka gagal melewati fase grup Liga Champions dan ironisnya saat itu, mereka juga segrup dengan Man United yang pada akhirnya jadi juara dan memenangi treble winners.

Baca Juga:

Nantes 0-3 Juventus: Hat-trick Gol Di Maria Samai Catatan Inzaghi pada 2000

Hasil Liga Europa: Juventus Tekuk Nantes, Manchester United Singkirkan Barcelona

Informasi Tim dan Jadwal Undian 16 Besar Liga Europa 2022-2023

Sebelum dikalahkan Man United di Liga Europa musim ini, Barcelona sudah dua musim beruntun gagal menembus fase grup Liga Champions. Belum lagi di musim sebelumnya Barcelona kalah 1-4 di Camp Nou melawan Paris Saint-Germain (PSG), lalu pada 2020 dipermalukan Bayern Munchen dengan skor telak 2-8.

Kedigdayaan Barcelona di Eropa luntur dan Xavi Hernandez, pelatih Barcelona, berharap musim depan timnya dapat bersaing kembali merebutkan trofi di Eropa. Barcelona terakhir memenangi titel di Eropa pada 2015 (Liga Champions).

"Mudah-mudahan musim depan (Barcelona merebutkan titel di Eropa). Tahun lalu kami tidak bisa bersaing di Eropa. Tahun ini kami bersaing melawan Bayern dan Inter dan kami bersaing melawan Manchester United," tutur Xavi dikutip dari BBC Sport.

"Kami harus menjadi lebih baik. Tapi kami telah melakukannya dengan baik dan kami akan kembali, bahkan lebih kuat musim depan."

Xavi juga mengakui Barcelona kesulitan meladeni Man United di Old Trafford dengan absennya dua gelandang andalan, Pedri dan Gavi. Pedri absen karena cedera dan Gavi karena sanksi akumulasi kartu.

"Mereka (Gavi dan Pedri) adalah pemain kunci. Mereka selalu memiliki waktu untuk menguasai bola dan mampu berputar dan mencari ruang. Jika mereka bermain kami tidak akan memiliki banyak masalah (kontra Man United)," terang Xavi.

Dengan kekalahan itu Barcelona kini fokus mengejar titel LaLiga yang musim lalu dimenangi Real Madrid serta memburu trofi Copa del Rey. Xavi sudah membawa Barcelona juara saat menjuarai Piala Super Spanyol lawan Madrid.

Xavi Xavi Hernandez Barcelona FC Barcelona Manchester United Liga Europa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.831

Bagikan