Timnas Indonesia

Bahagia Resmi Jadi WNI, Thom Haye Ingin Berkontribusi untuk Timnas Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 19 Maret 2024
Bahagia Resmi Jadi WNI, Thom Haye Ingin Berkontribusi untuk Timnas Indonesia
Thom Haye mencium bendera Merah-Putih usai disumpah sebagai WNI. (PSSI)

BolaSkor.com - Gelandang SC Heerenveen, Thom Haye, mengungkapkan perasaannya setelah sah menjadi WNI (Warga Negara Indonesia). Thom bersama Ragnar Oratmangoen menjalani proses pengambilan sumpah setia terhadap Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin (18/3).

Thom dan Ragnar sebetulnya dijadwalkan melakukan pengambilan sumpah pada pekan lalu. Namun, rencana itu tertunda karena ada dokumen yang belum ditandatangani oleh Ketua DPR-RI, Puan Maharani.

"Setelah proses yang panjang akhirnya selesai. Saya senang. Proses 24 jam," kata Thom Haye.

Thom Haye tiba di Jakarta pada Senin (18/3) malam antara pukul 21.00-22.00 WIB. Hal ini diterangkan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

Setibanya di Jakarta, Thom bergegas menuju Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang berlokasi di Cawang untuk melakukan prosesi pengucapan sumpah setia pewarganegaraan.

Baca Juga:

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Sudah Sah Menjadi WNI

Psywar Gelandang Vietnam: Permainan Timnas Indonesia Dianggap Tak Jelas

Sebelum bertolak menuju Indonesia, Thom Haye sempat bermain untuk SC Heerenveen dalam lanjutan Liga Utama Belanda atau Eredivisie kontra Feyenoord, Minggu (17/3).

"Setelah saya main [bersama Heerenveen]. Saya langsung ke bandara. Saya terbang 18 jam [ke Indonesia]. Kemudian saya ke kantor [Kanwil Kemenkumham Jakarta] dan selesai sekarang. Saya senang," ujar Thom Haye.

Momen Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye diambil sumpah. (PSSI)

Gelandang yang lahir di Amsterdam, Belanda, pada 9 Februari 1995 (29 tahun) itu pun berterima kasih kepada para pihak yang mendukungnya selama ini untuk menjadi WNI. Thom mengaku sudah tidak sabar untuk bisa segera bermain dengan seragam kebesaran Tim Merah-Putih.

Thom Haye mempunyai darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Kakek Thom lahir di Solo, sedangkan sang nenek berasal dari Manado.

"Luar biasa. Saya senang dan terima kasih atas dukungannya [kepada pendukung Timnas Indonesia dan semua pihak]. Saya berharap bisa berkontribusi untuk kemajuan Timnas Indonesia," ucapnya.

Kendati sudah menjadi WNI, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen dipastikan absen saat Timnas Indonesia menjamu Vietnam pada laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3).

Namun, keduanya masih berpeluang tampil saat Timnas Indonesia bertanding dengan Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3). PSSI saat ini sedang bekerja untuk merampungkan proses perubahan federasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen di FIFA.

Timnas Indonesia Timnas vietnam Naturalisasi Ragnar Oratmangoen Thom Haye Pssi Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan