Argentina Juara Piala Dunia 2022, Brasil Masih Nomor Satu di Ranking FIFA

Arief HadiArief Hadi - Senin, 19 Desember 2022
Argentina Juara Piala Dunia 2022, Brasil Masih Nomor Satu di Ranking FIFA
Timnas Brasil (Twitter)

BolaSkor.com - Pergeseran kekuatan sepak bola dunia terjadi dalam kurun waktu cepat selama empat tahun terakhir. Timnas Belgia sempat menduduki urutan satu ranking FIFA dan kini mereka turun ke urutan empat.

Saat ini posisi tersebut, dari data peringkat terbaru FIFA yang dilansir dari ESPN, timnas Brasil menempati urutan pertama kendati rival mereka timnas Argentina sukses memenangi Piala Dunia 2022.

Perjalanan Brasil tidak sejauh Argentina dan terhenti di perempat final melawan Kroasia dan kalah di drama adu penalti. Sementara Argentina memenangi final melawan juara bertahan, Prancis, dengan skor 4-2 di drama adu penalti setelah imbang 3-3 di waktu normal.

Baca Juga:

Prancis 3-3 Argentina (2-4 Pen): Akhir Penantian 36 Tahun Trofi Piala Dunia Albiceleste

Bintang Laga Prancis Vs Argentina: Kylian Mbappe, Ukir Rekor dalam Sejarah 92 Tahun Piala Dunia

Deschamps Enggan Anggap Kemenangan Argentina Dibantu Wasit, tetapi Ada Sesuatu yang Mengganjal

Kylian Mbappe dan Prancis Kalah di Final, tetapi Masa Depan Les Bleus Cerah

Perhitungan itu cukup menarik karena Argentina juara Copa America 2021 dan juga Piala Dunia 2022. Penjelasan dari itu adalah fakta bahwa kesuksesan di drama adu penalti punya poin lebih sedikit ketimbang kemenangan di waktu normal.

Jika Prancis atau Argentina menang dalam waktu 120 menit tanpa adu penalti maka mereka dapat menggeser Brasil di urutan pertama. Alhasil kala adu penalti terjadi maka Brasil dipastikan ada di urutan satu peringkat FIFA.

Argentina dan Prancis naik satu peringkat. Argentina di urutan dua dan Prancis di peringkat tiga, diikuti oleh Belgia yang kandas di fase grup Piala Dunia 2022. Sementara Inggris tetap di urutan lima dan tepat di bawah mereka adalah Belanda.

Keberhasilan Kroasia melaju jauh lagi di Piala Dunia setelah final Piala Dunia 2018 Rusia juga mengatrol posisi mereka. Tim arahan Zlatko Dalic naik lima peringkat dari urutan 12 menjadi tujuh, sementara Italia yang gagal lolos Piala Dunia dua kali beruntun turun ke peringkat delapan.

Berikut 20 besar peringkat FIFA saat ini:

1. Brasil
2. Argentina
3. Prancis
4. Belgia
5. Inggris
6. Belanda
7. Kroasia
8. Italia
9. Portugal
10. Spanyol
11. Maroko
12. Swiss
13. Amerika Serikat
14. Jerman
15. Meksiko
16. Uruguay
17. Kolombia
18. Denmark
19. Senegal
20. Jepang

Brasil Timnas Brasil Argentina Timnas Argentina Fifa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan