Arema FC Nilai Format Baru Liga 1 2023/2024 Lebih Menguntungkan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 16 Mei 2023
Arema FC Nilai Format Baru Liga 1 2023/2024 Lebih Menguntungkan
I Putu Gede memimpin latihan Arema FC jelang laga kontra RANS Nusantara. (Media Arema FC)

BolaSkor.com - Arema FC termasuk salah satu klub yang mendukung penuh terkait format baru pada Kompetisi Liga Indonesia (Liga 1) musim 2023/2024. Khusus musim ini, 18 klub kontestan akan bertarung dalam 2 babak, yakni, reguler dan championship hingga kompetisi selesai.

Yang menarik, adalah tim yang finis sebagai pemuncak klasemen babak reguler pada pekan ke-34 tidak otomatis menjadi juara. Sedangkan untuk penentuan juara, 4 tim teratas dari babak reguler akan saling mengalahkan di babak championship nanti.

"Poinnya kan tim yang finis pertama pada akhir musim, belum tentu jadi juara. Bagus, karena semua tim bertemu (di babak reguler). Lalu ketemu lagi di 4 besar untuk mencari juara," ujar pelatih Arema FC, I Putu Gede.

Baca Juga:

Kembali Ke Gajayana, I Putu Gede Kenang Rekor Mentereng Selama Bela Arema

Persik Kediri Pulangkan Kiper saat Meraih Juara Liga 3

Sebagai mantan pesepak bola, Putu jelas mengerti terkait apa tujuan dari penerapan format baru. Ia pun menilai format itu lebih menguntungkan semua pihak, baik penyelenggara kompetisi, sponsor sampai seluruh klub pesertanya.

"Dari sponsor juga (menguntungkan), dari segi broadcaster (penyiaran) juga, akan pasti nilainya menjual. Kualitas (kompetisi bisa terangkat) juga," ungkap pelatih yang sedang menempuh lisensi AFC Pro tersebut.

Sedangkan dari sisi klub, nilai keuntungan adalah dari banyaknya pertandingan. Kalau sampai juara, setidaknya Tim Singo Edan bisa bertanding sebanyak 38 pertandingan, masing-masing 34 partai babak reguler dan 4 lainnya di championship.

"Terus ada regulasi memainkan pemain U-23. Tidak seperti (Liga 1 musim 2017) dulu yang hanya formalitas. Tapi nanti pemain U-23 benar-benar punya menit bermain minimal selama 45 menit," tandas eks Pelatih Persekat Tegal dan PSMS Medan itu. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC Liga 1 I putu gede Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.078

Bagikan