Andreas Brehme, Sang Pencetak Gol Kemenangan Jerman di Piala Dunia 1990 Wafat

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 20 Februari 2024
Andreas Brehme, Sang Pencetak Gol Kemenangan Jerman di Piala Dunia 1990 Wafat

BolaSkor.com - Mantan bek Jerman Andreas Brehme, pencetak gol kemenangan di final Piala Dunia 1990, meninggal dunia pada usia 63 tahun.

Outlet berita Jerman Bild melaporkan bahwa Brehme meninggal setelah diduga menderita serangan jantung di klinik Ziemssenstrasse dekat rumahnya.

Kematian Brehme terjadi hanya enam minggu setelah Franz Beckenbauer meninggal pada usia 78 tahun. Brehme meninggalkan pasangannya dan dua putra.

Dia mencatat 86 caps dan delapan gol untuk Jerman dan memenangkan gelar liga saat berada di Kaiserslautern, Bayern Munchen, dan Inter Milan.

Baca Juga:

The Munich Air Disaster: Tragedi dan Solidaritas

5 Kandidat Ideal Direktur Olahraga untuk Manchester United

Profil dan Rekam Jejak Dan Ashworth, Direktur Olahraga yang Diidamkan Manchester United

“FC Bayern sangat terkejut dengan kematian mendadak Andreas Brehme,” pernyataan klub Jerman itu.

“Kami akan selalu mengingat Andreas Brehme di hati kami – sebagai juara dunia dan terlebih lagi sebagai orang yang sangat spesial."

Brehme bermain untuk Kaiserslautern dari 1981-86 dan 1993-98. Dia memenangkan gelar Bundesliga pada pada 1998 dan Piala Jerman pada 1996 selama berada di klub. Brehme juga sempat menjadi pelatih di klub ini pada 2000-02.

“FCK berduka atas kehilangan Andreas Brehme,” demikian pernyataan Kaiserslautern.

“Dia mengenakan seragam Setan Merah selama total 10 tahun dan menjadi juara Jerman dan pemenang piala bersama FCK."

Pada Piala Dunia 1990, Brehme mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-85 untuk membawa tim asuhan Franz Beckenbauer mengalahkan Argentina.


Bek Sayap Modern

Brehme merupakan pemain yang beroperasi sangat mirip dengan bek sayap modern saat ini. Brehme senang menyerang dan terkenal karena kemampuannya memainkan bola dengan kedua kakinya.

Dia cukup fleksibel untuk bermain di sisi kanan dan kiri, tetapi juga bisa digunakan sebagai gelandang bertahan dan menyerang selama kariernya. Brehme juga merupakan pengambil bola mati yang mahir.

Rekor golnya di level klub menunjukkan kemampuannya di depan gawang, sementara dia mencetak empat dari delapan gol internasionalnya di Piala Dunia, tiga di antaranya pada edisi 1990.

Selain mencetak gol melawan Argentina di final, Brehme juga mencetak gol saat Jerman Barat mengalahkan Belanda 2-1 di Milan, dan dia membuka skor melawan Inggris dalam hasil imbang 1-1 di semifinal di Turin.

Brehme mencetak gol penalti pertama Jerman Barat dalam adu penalti yang mengakhiri harapan Inggris untuk meraih kemenangan Piala Dunia pertama sejak 1966.

Brehme mencetak gol internasional terakhirnya melawan Swedia dalam pertandingan persahabatan pada Oktober 1990.

Andreas Brehme Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.297

Bagikan