Olimpiade 2024

Analisis: Indonesia Bakal Pecah Rekor di Olimpiade Paris 2024

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 04 Maret 2024
Analisis: Indonesia Bakal Pecah Rekor di Olimpiade Paris 2024
Medali Olimpiade Paris 2024 (olympic.com)

BolaSkor.com - Tim Indonesia berpotensi pecah rekor di Olimpiade Paris 2024. Peluang untuk meraih minimal tiga medali emas di Paris nanti terbuka lebar.

Sejauh ini pencapaian terbaik Tim Indonesia di Olimpiade terjadi pada tahun 1992. Dalam Olimpiade Barcelona itu, Indonesia meraih dua emas dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis melalui Susi Susanti di nomor tunggal putri dan Alan Budikusuma pada nomor tunggal putra.

Prestasi itu akan coba dilewati pada Olimpiade Paris 2024. Sampai Senin (4/3), tercatat tujuh atlet Indonesia sudah dipastikan berlaga di ajang tersebut.

Baca Juga:

Daftar 7 Atlet Indonesia yang Lolos Olimpiade Paris 2024 Per Hari Ini, Terbaru Rio Waida

Indonesia Kembali Loloskan Atlet ke Olimpiade 2024

Ketujuh atlet yang dimaksud di antaranya Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa dari cabor Panahan, Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik), Fathur Gustafian (Menembak), Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing), Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing) dan Rio Waida (Selancar Ombak/Surfing).

Jumlah atlet Indonesia yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 berpotensi akan terus bertambah, misalnya dari bulu tangkis, angkat besi, dan dayung. Proses kualifikasi masih terus berlangsung sampai Mei mendatang.

NOC Indonesia memutuskan untuk berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, jelang Olimpiade Paris 2024. (NOC Indonesia)

Berikut analisis mengapa Indonesia berpotensi pecah rekor di Olimpiade Paris 2024:

Atlet Panjat Tebing Indonesia Berstatus Juara Dunia

Cabor Panjat Tebing akan menjadi salah satu tumpuan Indonesia di Paris nanti. Harapan meraih kepingan emas terbuka lebar melalui Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Dia keluar sebagai juara dalam Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC yang berlangsung di Bern, Swiss, pada Agustus 2023. Gelar itu pula yang menjadi tiket Desak Made ke Olimpiade 2024.

Selain itu, Panjat Tebing juga punya wakil dari kategori putra, yakni Rahmad Adi Mulyono. Rahmad meraih tiket ke Paris setelah menjadi juara Kejuaraan Panjat Tebing IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta pada 12 November 2023.

Indonesia Punya Wakil di Beberapa Cabor Unggulan

Asa Kontingen Indonesia mendulang medali emas di Olimpiade Paris 2024 juga bertumpu dari sejumlah cabor yang berhasil meloloskan para atletnya. Misalnya, Panahan yang diwakili oleh Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa.

Arif punya modal bagus setelah lolos sampai babak semifinal Kejuaraan Dunia Panahan di Berlin, Jerman, pada 6 Agustus 2023. Adapun Diandra adalah peraih medali perunggu Asian Games 2022 Hangzhou di nomor recurve mixed team.

Atlet Panahan Indonesia, Diananda Choirunisa. (istimewa)

Peluang untuk meraih emas juga terbuka dari cabor senam artistik melalui Rifda Irfanaluthfi yang meraih posisi 15 besar kejuaraan dunia Artistic Gymnastic Championship 2023 di Antwerp, Belgia pada 2 Oktober 2023. Peluang emas juga bisa diraih dari cabor angkat besi, menembak dan bulutangkis.

Juara Dunia Bulutangkis Selalu Gagal di Olimpiade

Pada Olimpiade Tokyo 2020, cabor badminton menjadi penyumbang satu-satunya medali emas untuk Indonesia melalui pasangan ganda putri, Greysia Polii-Apriyani Rahayu. Kesempatan badminton untuk kembali menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di Paris 2024 masih terbuka.

Indonesia memang gagal total dalam kejuaraan dunia badminton 2023. Namun, sepanjang sejarah, atlet yang bersinar di kejuaraan dunia kerap gagal di Olimpiade.

Contoh terbaru pada Olimpiade 2020 Tokyo (digelar 2021 karena pandemi COVID-19), kelima atlet peraih medali emas termasuk Greysia Polii-Apriyani Rahayu bukan berstatus juara dunia. Artinya, meski Indonesia tanpa gelar di kejuaraan dunia 2023, hal itu bukan jadi penghalang untuk mengukir prestasi di Paris 2024.

Olimpiade Olimpiade 2024 Komite olimpide indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.310

Bagikan