Alasan Luciano Spalletti Meninggalkan Napoli Usai Raih Scudetto

Arief HadiArief Hadi - Senin, 29 Mei 2023
Alasan Luciano Spalletti Meninggalkan Napoli Usai Raih Scudetto
Luciano Spalletti (Twitter)

BolaSkor.com - Napoli benar-benar 'pintar' memberi kejutan kepada fansnya di musim ini. Pasca dibawa bereuforia dengan keberhasilan meraih Scudetto atau titel Serie A setelah 33 tahun lamanya (sejak 1990), Napoli bakal ditinggal pelatihnya.

Apabila sebelumnya isu kepergian Luciano Spalletti baru spekulasi dan kabar burung, kali ini hal tersebut menjadi nyata karena Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis mengonfirmasinya. Spalletti akan pergi setelah dua tahun melatih Napoli dan memenangi Serie A.

Alasannya? Menurut pengakuan De Laurentiis kepada Che Tempo Che Fa di Rai 3, Spalletti ingin vakum selama setahun setelah meraih Scudetto dan oleh karenanya De Laurentiis tak menahannya.

Baca juga:

Luciano Spalletti Semakin Dekat dengan Pintu Keluar Napoli

Baru Juara Serie A, Napoli Bakal Ditinggal Luciano Spalletti

Pesta Sepak Bola di Kota Naples, Tangis Bahagia dan Akhir Penantian 33 Tahun

"Spalletti adalah orang bebas," kata De Laurentiis.

"Ketika seseorang mendatangi Anda dan mengatakan bahwa dia telah melakukan semua yang dia bisa dan era hidupnya telah berakhir. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia lebih suka memiliki cuti panjang setahun. Lalu apa yang Anda lakukan? Apakah Anda menentangnya?"

"Dia memberi saya banyak hal, saya berterima kasih padanya. Sekarang tepat jika dia terus melakukan apa yang dia sukai."

De Laurentiis juga memuji kinerja hebat Spalletti karena mampu mengangkat Napoli sampai ke pucuk Serie A musim ini. Pujian itu diberikan setelah Spalletti memaksimalkan skuad yang ditinggal pemain-pemain senior seperti Lorenzo Insigne, Dries Mertens, dan Kalidou Koulibaly.

"Pada bulan Juni tahun lalu saya mengadakan konferensi pers. Kami telah menyingkirkan banyak pemain yang dianggap penting, tetapi bagi saya telah menyelesaikan waktunya di Napoli," terang De Laurentiis.

"Para jurnalis bertanya kepada saya, mengingat semua perpisahan, apa yang saya pikirkan tentang tujuan musim ini dan saya berkata saya pikir kami bisa memenangkan Scudetto. Ada keterkejutan total, bahkan Spalletti menatap saya dengan kaget, karena dia tidak tahu siapa yang kami beli."

"Dia telah menjadi pelatih yang hebat bagi para pemain ini. Pelatih terbagi menjadi mereka yang ingin menguasai pasar transfer dan mereka yang terjun ke dunia kepelatihan. Kami memberinya beberapa materi luar biasa untuk dikerjakan dan dia membantu mereka berkembang."

Beberapa pemain itu yang direkrut Napoli dan langsung berkontribusi besar itu seperti Kim Min-jae dan Kvicha Kvaratskhelia. Belum lagi dengan kebangkitan performa Victor Osimhen yang mencetak 25 gol di Serie A.

Serie a Napoli SSC Napoli Luciano Spalletti
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan