Ada Penambahan Venue Latihan, Solo Gelar Dua Grup Piala Dunia U-17 2023?

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 01 Agustus 2023
Ada Penambahan Venue Latihan, Solo Gelar Dua Grup Piala Dunia U-17 2023?
Walikota Solo, Gibran Rakabuming, saat melihat inspeksi FIFA di Stadion Sriwedari. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Kota Solo kemungkinan disiapkan menjadi opsi untuk tuan rumah dua grup sekaligus pada Piala Dunia U-17 2023. Indikasi ini tercium setelah PSSI menyiapkan dua opsi lapangan tambahan untuk venue latihan.

FIFA berkunjung ke Kota Solo pada Selasa (1/8). Mereka beraktivitas secara maraton dari pagi hingga petang. FIFA memantau tujuh lapangan yang berada di Solo Raya.

Lapangan Blulukan Karanganyar menjadi venue pertama yang didatangi. FIFA berkunjung hingga pukul 08.45 WIB, sebelum kemudian bergeser ke Lapangan Banyuanyar Solo. Rombongan dikawal khusus menggunakan mobil Patwal.

FIFA secara berurutan menghampiri Stadion UNS, Stadion Sriwedari, Lapangan Sriwaru, Lapangan Kottabarat dan ditutup dengan kunjungan ke Stadion Manahan Solo. Rombongan ini terdiri dari beberapa tim teknis.

Baca Juga:

Uji Coba Kontra Barcelona Juvenil A dan Kashima Antlers, Timnas U-17 Bawa 34 Pemain

Menpora Indikasikan Piala Dunia U-17 2023 Hanya di 4 Kota

Dalam kunjungan ini, FIFA tak datang sendirian. FIFA ditemani PSSI yang diwakili Ratu Tisha Destria, Walikota Solo Gibran Rakabuming serta Bos Persis Solo, Kevin Nugroho dan Direktur Olahraga Persis Solo, Edwin Klok.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming, menjelaskan Lapangan Blulukan dan Stadion UNS dihadirkan untuk menambah opsi venue latihan. Hanya saja Gibran enggan menjelaskan maksud dari penambahan opsi tersebut.

"Sebenarnya yang bisa menjelaskan Bu Waketum (Ratu Tisha), ini disiapkan dua opsi tambahan. Lapangan Blulukan dan Stadion UNS," kata Gibran, Selasa (1/8).

Gibran mengatakan, dari komunikasi dengan Ratu Tisha, dua lapangan tambahan butuh banyak pembenahan. Pembenahan mencakup beberapa aspek yang disesuaikan dengan standar FIFA Training.

"Banyak (catatan), seperti rumput dan masih banyak lagi. Nanti akan kita tambahin, masih ada waktu," jelas Gibran.

Sementara untuk Stadion Sriwedari, Lapangan Kottabarat, Lapangan Banyuanyar dan Lapangan Sriwaru, FIFA tak banyak memberi catatan. Empat venue pendamping Stadion Manahan itu sudah dianggap oke sejak persiapan Piala Dunia U-20 lalu.

"Yang kita siapkan untuk Piala Dunia U-20 lalu sudah oke semua, tinggal dua lapangan tambahan yang akan kita kejar. Masih ada waktu," ungkap Gibran.

Pada ajang Piala Dunia U-17 2023, Kota Solo juga sudah dipastikan jadi venue babak semifinal dan final. Historis Solo sebagai bagian dari pelopor olahraga nasional, lewat perhelatan PON I, menjadi pertimbangan utama penetapan Stadion Manahan jadi venue babak puncak. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Solo Stadion manahan Pssi Fifa Piala Dunia U-17
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan