Ada Masukan Liga 1 Vakum Sementara, Asisten Pelatih Persija Ikut Arahan PSSI dan LIB

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 08 Februari 2022
Ada Masukan Liga 1 Vakum Sementara, Asisten Pelatih Persija Ikut Arahan PSSI dan LIB
Asisten pelatih Persija, Ferdiansyah. (Media Persija)

BolaSkor.com - Asisten pelatih Persija Jakarta, Ferdiansyah, buka suara soal usulan seri empat Liga 1 2021/2022 dihentikan untuk sementara waktu. Masukan ini muncul setelah banyak pemain dan ofisial dari berbagai klub dinyatakan terpapar COVID-19.

Di Persija sendiri ada sembilan awak tim yang terdiri dari tujuh pemain dan dua pelatih yang dinyatakan positif COVID-19.

Ketujuh pemain tersebut antara lain Andritany Ardhiyasa, Maman Abdurrahman, Ismed Sofyan, Samuel Simanjuntak, Muhammad Ferrari, Ryuji Utomo, dan Makan Konate.

Sementara dua pelatih yang terpapar yaitu Sudirman (pelatih kepala) dan Ahmad Fauzi (pelatih kiper).

"Untuk situasi seperti ini memang serba tidak menentu. Sebab dalam masa persiapan pemain yang dalam kondisi sehat tiba-tiba demam. Lalu hasil PCR juga kadang-kadang (pemain) hanya kurang fit, tapi (dinyatakan) positif," kata Ferdiansyah.

Baca Juga:

Soal Polemik Tes PCR Persebaya, PT LIB Buka Suara

Persebaya Dievaluasi, Finishing Jadi Perhatian Jelang Hadapi Persija

Karena itu, Ferdiansyah menyerahkan sepenuhnya kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi terkait pelaksanaan sisa pertandingan Liga 1 musim ini.

"Saya berharap (LIB) mengambil keputusan yang lebih bijak. Mudah-mudahan LIB diberi kemudahan mengambil keputusan dan itu keputusan terbaik untuk kita," ujar Ferdiansyah.

Sebelumnya, LIB melalui Direktur Operasional, Sudjarno, menyatakan sejauh ini tidak ada rencana untuk menghentikan Liga 1 yang akan memasuki laga ke-24 di pekan ini.

PSSI selaku regulator kompetisi juga menyatakan hal serupa. Keputusan melanjutkan Liga 1 musim ini diambil setelah PSSI dan LIB mengadakan rapat darurat pada Jumat (4/2).

"Pertimbangan (melanjutkan kompetisi) itu antara lain terkait jadwal Liga 1, FIFA, AFC, dan AFF, perjanjian dengan broadcaster, kontrak pemain, dll," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Yunus menjelaskan bahwa PSSI tidak asal ambil keputusan untuk melanjutkan kompetisi. Meski mengakui adanya peningkatan kasus positif COVID-19 dari klaster Liga 1, tapi menurut Yunus tingkat kesembuhan mereka cukup tinggi dan cepat, yaitu mencapai 70 persen dalam waktu 4-5 hari.

"Saya rasa pemain memiliki antibodi dan stamina yang tinggi. Jadi kalau pun kena COVID-19, tidak butuh waktu lama untuk recovery dan akhirnya dinyatakan sembuh,” tutur Yunus Nusi.

Persija jakarta COVID-19 Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.340

Bagikan