6 Duel Kunci Liverpool Vs Chelsea

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 25 Agustus 2021
6 Duel Kunci Liverpool Vs Chelsea
Liverpool vs Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Dua manajer asal Jerman akan saling bentrok di akhir pekan ini pada pekan tiga Premier League. Jurgen Klopp dengan Liverpool arahannya akan menjamu tim besutan Thomas Tuchel, Chelsea di Anfield, Sabtu (28/08) pukul 23.30 WIB.

Duel itu akan semakin menarik karena kedua tim yang identik dengan warna merah dan biru itu sama-sama ada di momentum kemenangan. Keduanya sama-sama mengoleksi enam poin dan berada di urutan dua tiga klasemen.

Liverpool punya keunggulan statistik hanya kalah dua kali dari 13 pertemuan Premier League terakhir melawan Chelsea (enam kali menang dan lima kali imbang).

Baca Juga:

Euforia Fans Chelsea Bisa Berlanjut, The Blues Berpotensi Rekrut 2 Pemain Lagi

6 Pemain yang Bisa Jadi Pembeda Laga Liverpool Vs Chelsea

Kritik Wasit, Klopp Ramal Potensi Kemunduran di Premier League

Catatan menarik lainnya adalah Liverpool - sejauh ini - telah menghasilkan tendangan paling banyak ke gawang lawan (46 kali), sebaliknya Chelsea menderita tendangan paling sedikit dari dua laga (10 kali).

Artinya, pertemuan nanti akan menjadi uji kekuatan pedang dan ketahanan perisai. Dalam duel yang akan berlangsung ketat itu akan ada duel-duel kunci yang dapat menentukan arah pertandingan.

1. Romelu Lukaku vs Virgil van Dijk

Tidak ada duel yang lebih menarik ketimbang potensi duel fisik antara dua raksasa di pertahanan Liverpool, Virgil van Dijk, melawan striker anyar Chelsea Romelu Lukaku.

Lukaku sudah memperlihatkan kekuatannya kala Chelsea menang 2-0 atas Arsenal. Di laga itu Lukaku sampai menjatuhkan Pablo Mari, bek Arsenal dengan kelebihan fisiknya. Melawan Liverpool Lukaku akan menghadapi lawan sepadan dari segi kekuatan fisik.

Musim lalu Chelsea mengalahkan Liverpool 1-0 di Anfield tapi Van Dijk absen karena cedera. Kini bek asal Belanda itu akan coba menghentikan Lukaku dan Chelsea mencetak gol.

2. Mohamed Salah vs Antonio Rudiger

Mo Salah akan selalu jadi momok berbahaya bagi pertahanan lawan. Chelsea tahu daya rusak yang dapat ditimbulkan mantan pemainnya itu jika dibiarkan bergerak bebas. Tak ayal pada taktik tiga bek Tuchel pemain yang akan paling sering berduel dengannya adalah Antonio Rudiger.

Bek berpaspor Jerman acapkali bermain sebagai bek tengah-kiri di Chelsea. Kelugasan dan man to man marking Rudiger akan diuji kecepatan bermain Mo Salah.

3. Jordan Henderson vs Jorginho

Jangan lupakan pentingnya duel perebutan bola di lini tengah. Chelsea dan Liverpool sama-sama punya gelandang top. Juara Piala Eropa 2020 dengan timnas Italia, Jorginho akan coba mengambilalih penguasaan bola dan mengatur ritme bermain Chelsea.

Sudah menjadi tugas Jordan Henderson atau gelandang Liverpool lainnya untuk mencegah hal itu terjadi. Pada final Piala Eropa 2020 lalu Inggris dikalahkan Italia melalui drama adu penalti, ini bisa jadi motivasi tambahan Henderson untuk 'balas dendam'.

4. N'Golo Kante vs Naby Keita

Liverpool punya Fabinho sebagai gelandang bertahan murni dan Chelsea punya N'Golo Kante. Akan tapi dalam dua laga terakhir Klopp memainkan Naby Keita sebagai starter dan bukan tak mungkin ia tampil lagi melawan Chelsea.

Stamina dan enerji bermainnya akan jadi lawan ideal untuk Kante dalam perebutan bola di lini tengah. Pemenang duel ini bisa jadi menentukan jalannya pertandingan.

5. Sadio Mane vs Reece James

Jika Liverpool punya Mo Salah sebagai winger kanan maka di kiri ada Sadio Mane. Kelincahan, kecepatan, dan kemampuannya mencetak gol akan dihadapkan pada bek kanan Inggris yang juga enerjik: Reece James.

James acapkali membantu serangan Chelsea sebagai bek sayap kanan, tetapi dengan adanya Mane ia berpotensi membantu Cesar Azpilicueta menjaga pertahanan. Terlebih ada Diogo Jota atau Roberto Firmino yang juga harus diwaspadai.

6. Trent Alexander-Arnold vs Marcos Alonso

Bek sayap kiri Chelsea Marcos Alonso seringkali menjadi salah satu titik serang tim. Alonso punya kemampuan mengambil tendangan bebas, mengirim umpan, dan mencetak gol dengan kaki kirinya.

Alonso akan sering menyerang area kanan pertahanan Liverpool dan di sana ada Trent Alexander-Arnold. Pemain asal Inggris tersebut tak bisa terlalu aktif menyerang karena di satu sisi juga akan menjaga Alonso, begitu juga Alonso kepadanya.

Breaking News Premier League Trivia Sepak Bola Liverpool Chelsea
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.294

Bagikan