5 Kemenangan Terakhir Real Madrid di Camp Nou

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 18 Maret 2023
5 Kemenangan Terakhir Real Madrid di Camp Nou
Real Madrid (Twitter)

BolaSkor.com - Real Madrid akan bertandang ke markas Barcelona pada lanjutan LaLiga 2022-2023, akhir pekan ini, Minggu (20/3) dini hari WIB. Los Blancos punya rekor yang kurang baik saat mengunjungi Camp Nou.

Sejak diresmikan pada musim panas 1957, Madrid sudah 88 kali berkunjung ke Camp Nou. Hasilnya, klub ibu kota Spanyol itu hanya mampu meraih 22 kemenangan, 22 kali imbang, dan 44 kekalahan di berbagai kompetisi.

Camp Nou turut menjadi saksi sengitnya perseteruan Madrid dan Barcelona pada periode 2000-an sampai sekarang. Stadion berkapasitas hampir 100 ribu tempat duduk tersebut kerap menyajikan pertandingan seru antara dua rival abadi.

Baca Juga:

5 Bintang Terbaik Sepanjang Masa dalam Sejarah El Clasico

Angka-angka Menarik Jelang Laga El Clasico di LaLiga

Terpincang-pincang, Karim Benzema Pastikan Siap untuk El Clasico

Meski Barcelona lebih sering menang, bukan berarti Madrid tak punya kenangan manis di Camp Nou.

BolaSkor.com telah merangkum lima kemenangan terakhir Madrid di Camp Nou. Berikut ini rangkumannya:

1. Barcelona 1-2 Real Madrid (LaLiga 2021-2022)

Kemenangan terakhir Madrid atas Barcelona di Camp Nou pada ajang LaLiga terjadi dua musim lalu. Tim asuhan Carlo Ancelotti menutup laga dengan skor 2-1.

Duel kedua tim tersaji pada pekan kesepuluh LaLiga 2021-2022. Saat itu Barcelona masih diperkuat Sergio Aguero dan ditangani Ronald Koeman.

Overlap David Alaba membuka keunggulan Madrid pada menit ke-32. Skor 1-0 untuk tim tamu bertahan hingga waktu normal berakhir.

Madrid menggandakan keunggulan lewat sontekan Lucas Vazquez pada masa injury time. Namun Barcelona memperkecil lewat tembakan voli Aguero hanya beberapa detik sebelum wasit meniup peluit panjang.


2. Barcelona 1-3 Real Madrid (LaLiga 2020-2021)

Semusim sebelumnya, Madrid juga berhasil membungkam Barcelona lebih telak pada pekan ketujuh LaLiga 2020-2021 di Camp Nou. Tim yang masih ditangani Zinedine Zidane menang dengan skor 3-1.

Duel dua musuh bebuyutan berlangsung sengit sejak awal. Gol cepat Federico Valverde pada menit kelima mampu dibalas Ansu Fati dengan cepat.

Dewi fortuna berpihak kepada Madrid usai VAR Menghadiahi penalti pada menit ke-63. Sergio Ramos yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Jelang laga usai, Luka Modric memastikan kemenangan Madrid dengan gol indah. Setelah mengecoh kiper dan bek Barcelona, gelandang berkebangsaan Kroasia itu melakukan tembakan dengan kaki kanan bagian luar yang melesat mulus ke dalam gawang.


3. Barcelona 1-3 Real Madrid (Piala Super Spanyol 2017)

Mundur ke musim panas 2017, Madrid meraih salah satu kemenangan paling berkesan di Camp Nou. Leg pertama Piala Super Spanyol menjadi panggungnya.

Madrid berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 3-1. Laga ini diwarnai kartu merah Cristiano Ronaldo yang tampil sebagai pemain pengganti.

Setelah bermain imbang sepanjang babak pertama, Madrid unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Gerard Pique pada menit ke-50. Sapuan bek Timnas Spanyol itu dalam memotong umpan silang Marcelo justru masuk ke gawang sendiri.

Barcelona kemudian menyamakan kedudukan lewat hadiah penalti pada menit ke077. Lionel Messi menyelesaikan tugasnya sebagai algojo dengan sempurna.

Ronaldo mengembalikan keunggulan Madrid lewat tembakan melengkung jarak jauh pada menit ke-80. Sayang, ia menerima kartu kuning kedua tak lama berselang karena dituduh melakukan diving.

Bermain dengan sepuluh orang, Madrid justru mampu menambah gol pada masa injury time. Tembakan Marco Asensio yang tak kalah spektakuler menembus gawang Barcelona kawalan Marc-Andre ter Stegen.

Kemenangan ini mempermudah jalan Madrid untuk menjadi juara. Pada pertemuan kedua, mereka kembali menang 2-0 di Santiago Bernabeu.


4. Barcelona 1-2 Real Madrid (LaLiga 2015-2016)

Sebuah comeback dramatis dilakukan Madrid saat bertandang ke Camp Nou pada pekan ke-31 LaLiga 2015-2016. Tertinggal lebih dulu, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan akhirnya menang tipis 2-1.

Barcelona unggul lebih dulu lewat sundulan Gerad Pique pada menit ke-56. Gol akrobatik Karim Benzema tujuh menit berselang membuat kedudukan kembali imbang 1-1.

Madrid bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-83. Sergio Ramos diusir wasit usai menerima kartu kuning kedua.

Hebatnya, Madrid justru mampu berbalik unggul hanya dua menit setelah kartu merah Ramos. Ronaldo mencetak gol kemenangan lewat penyelesaian tenang dari jarak dekat.

Sayangnya kemenangan ini tak cukup membawa Madrid juara di akhir musim. Barcelona unggul satu poin hingga pekan terakhir dan berhak mengangkat trofi.


5. Barcelona 1-2 Real Madrid (LaLiga 2011-2012)

Kemenangan Madrid di Camp Nou yang tak kalah bersejarah terjadi pada pekan ke-35 LaLiga 2011-2012. Tim yang ditangani Jose Mourinho secara tak langsung mengakhiri hegemoni Barcelona-nya Pep Guardiola.

Seperti El Clasico pada umumnya, duel kedua tim berlangsung sengit. Enam kartu kuning yang dikeluarkan wasit menjadi buktinya.

Madrid unggul lebih dulu lewat gol Sami Khedira pada menit ke-17. Keunggulan tim tamu bertahan cukup lama.

Barcelona baru bisa menyamakan kedudukan lewat sontekan Alexis Sanchez pada menit ke-70. Namun Cristiano Ronaldo memastikan kemenangan Madrid lewat gol indahnya tiga menit berselang.

Kemenangan tersebut memudahkan langkah Madrid untuk meraih gelar juara. Sepekan setelahnya, Guardiola mengambil keputusan untuk mengundurkan diri pada akhir musim.

Real Madrid Barcelona El clasico Camp nou Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan