5 Bintang Terbaik Sepanjang Masa dalam Sejarah El Clasico

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 17 Maret 2023
5 Bintang Terbaik Sepanjang Masa dalam Sejarah El Clasico
Lionel Messi dan Sergio Ramos (Twitter)

BolaSkor.com - Pekan 26 LaLiga akan menghadirkan laga klasik sarat gengsi antar dua tim besar Spanyol, Barcelona dan Real Madrid. Pertandingan nanti akan dihelat di markas Barcelona, Camp Nou, pada Senin (20/03) pukul 03.00 dini hari WIB.

Pertandingan nanti tidak menentukan perebutan titel LaLiga, tetapi berpengaruh penting dalam jalur perebutan tersebut. Saat ini Madrid, yang notabene juara bertahan, mengekor Barcelona dengan jarak sembilan poin.

Jika Barcelona menang maka mereka bisa memperlebar jarak dan memegang kontrol akan perebutan trofi liga. Sementara jika Madrid menang maka mereka akan memangkas jarak dan membuat persaingan semakin seru.

El Clasico selalu menghasilkan cerita menarik di tiap edisinya, khususnya dalam sedekade terakhir atau lebih ketika dua megabintang, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, saling bersaing menunjukkan performa terbaik pada masa prima mereka.

Baca Juga:

Jadwal Undian dan 8 Tim yang Telah Lolos ke Perempat Final Liga Champions

Terpincang-pincang, Karim Benzema Pastikan Siap untuk El Clasico

Sederet Fakta Menarik dari Tersingkirnya Liverpool di Liga Champions

Menilik rilis dari LaLiga, BolaSkor menjabarkan lima bintang sepanjang masa terbaik El Clasico. Siapa saja?

1. Sergio Ramos

Penampil terbanyak kedua El Clasico setelah Sergio Busquets. Sergio Ramos bermain sebanyak 45 kali dan mencetak lima gol, ironisnya ia juga diusir wasit lima kali di El Clasico. Ramos dan drama dalam El Clasico sulit dipisahkan.

Terutamanya ketika banyak terjadi 'perang saudara' di antara pemain Spanyol seperti Ramos, Gerard Pique, Xavi, Andres Iniesta, dan Carles Puyol pada masanya.

Saat ini Ramos (36 tahun) membela Paris Saint-Germain (PSG) setelah 16 tahun memperkuat Madrid (2005-2021). Ia dikenal sebagai bek yang tangguh, berkarakter, dan bisa bermain sebagai bek kanan selain bek tengah.

2. Lionel Messi

Dari lawan menjadi kawan. Lionel Messi kini menjadi rekan setim Ramos di PSG sejak 2021 pasca mendedikasikan segalanya untuk Barcelona. La Pulga punya catatan 26 gol dari 45 pertandingan di El Clasico dan 15 gol di antaranya dilesakkan di markas Madrid, Santiago Bernabeu.

Messi juga menjadi salah satu magnet yang mengundang publik dan fans sepak bola di seluruh dunia untuk menonton El Clasico, terutamanya saat bersaing dengan Ronaldo. Soal kualitas dan gaya bermainnya tak perlu dipertanyakan lagi.

3. Cristiano Ronaldo

Ada Messi di Barcelona ada juga Ronaldo di Real Madrid. Pemain asal Portugal membela Madrid pada medio 2009-2018 dan di masa primanya, legenda Manchester United predator sejati di kotak penalti dan mendulang banyak gol..

Ronaldo punya catatan 18 gol dari 30 laga El Clasico dan beberapa golnya masuk dalam catatan sejarah El Clasico, semisal gol di final Copa del Rey 2011 atau gol di Camp Nou pada musim 2011-2012, gol yang membawa Madrid-nya Jose Mourinho juara LaLiga. Kini Ronaldo bermain di Arab Saudi dengan Al-Nassr.

4. Luis Figo

Nama yang diingat fans Madrid namun dibenci fans Barcelona. Ya, kisah pelemparan kepala babi di Camp Nou kepada Luis Figo akan selamanya ada dalam sejarah El Clasico. Maklum saja, Figo di masa lalu pernah membela Barcelona dan kemudian membelot ke Madrid.

Figo bermain 13 kali di El Clasico dan menorehkan tiga gol untuk Barcelona pada medio 1995-2000, lalu ia menghadapi Barcelona sebanyak 10 kali kala membela Madrid. Pada masa prima Figo penyerang sayap dengan kualitas teknik tinggi.

5. Alfredo Di Stefano

Legenda Real Madrid yang sudah terlebih dahulu populer ketimbang empat nama di atas. Alfredo Di Stefano, mantan penyerang timnas Spanyol, bermain di Madrid pada medio 1953-1964. Ia top skorer di El Clasico sebelum era Ronaldo dan Messi.

Di Stefano memulai El Clasico pertamanya saat Madrid menang 5-0 atas Barcelona dan ia mencuri perhatian dengan dua golnya, lalu pada 1963 yang notabene El Clasico terakhirnya Di Stefano membawa Madrid menang 4-0.

Trivia Sepak Bola El clasico Madrid Real Madrid Barcelona FC Barcelona Cristiano Ronaldo Ronaldo Messi Lionel Messi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan