5 Kapten Arsenal di Era Unai Emery dan Kabar Mereka Saat Ini

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 17 Februari 2023
5 Kapten Arsenal di Era Unai Emery dan Kabar Mereka Saat Ini
Granit Xhaka dan Unai Emery (Twitter)

BolaSkor.com - Unai Emery akan bertemu kembali dengan Arsenal dan kali ini sebagai lawan, bukan kawan. Pelatih asal Spanyol berusia 51 tahun saat ini melatih Aston Villa dan mereka akan menjamu The Gunners di pekan 24 Premier League di Villa Park, Sabtu (18/02) pukul 19.30 WIB.

Posisi Villa relatif aman di papan tengah klasemen namun belum sepenuhnya aman dari zona degradasi dengan 28 poin (40 poin untuk aman dari zona degradasi). Sementara Arsenal butuh untuk kembali menang agar dapat bersaing kembali dalam perebutan titel Premier League.

Pasalnya, Arsenal gagal menang di tiga laga terakhir dengan dua kekalahan dan satu hasil imbang. Hasilnya posisi puncak klasemen mereka direbut Manchester City, meski perolehan poin keduanya sama dan Arsenal masih punya satu laga tunda.

Baca Juga:

Borussia Dortmund Vs Chelsea: Reuni Teman Kursus Kepelatihan

Hasil Pertandingan: Chelsea Tumbang, Manchester City Kalahkan Arsenal, Real Madrid Pesta Gol

Chelsea Belum Menang, Graham Potter Lihat Secercah Harapan

Lawan Arsenal berikutnya tidak akan mudah karena Unai Emery memiliki 'urusan yang belum selesai' di Premier League, mengingat ia dipecat Arsenal pada 2019 pasca menggantikan Arsene Wenger pada 2018.

Pada era Unai Emery yang singkat Arsenal punya lima kapten dan salah satunya masih bertahan di klub saat ini sebagai pemain senior. Siapa saja dan bagaimana nasib mereka saat ini?

1. Laurent Koscielny

Warisan Arsene Wenger di Arsenal yang bermain selama sembilan tahun (2010-2019). Saat ini Laurent Koscielny sudah pensiun pada usia 37 tahun setelah tiga tahun membela klub Prancis, Girondins Bordeaux (2019-2022).

Sayang, penghujung kariernya di Arsenal tidak bagus karena ia sempat dibekukan dari tim utama dan ban kaptennya dicabut. Pasalnya, Koscielny sempat menolak ikut tur pramusim Arsenal dan dinilai tidak menghormati klub.

Pada akhirnya Koscielny minta maaf tetapi nasi telah menjadi bubur dan kelayakannya jadi kapten dipertanyakan, padahal ia sebelumnya bersikap bagus dan layak jadi pemimpin di Arsenal.

2. Aaron Ramsey

Satu lagi warisan Wenger di Arsenal. Wenger merekrut Aaron Ramsey dari Cardiff City pada 2008, sempat dipinjamkan ke Nottingham Forest dan Cardiff, sebelum kembali ke Arsenal. Ramsey dilepas ke Juventus pada 2019.

Masalah kebugaran dan cedera kerap menganggunya hingga performa pemain asal Wales menurun dan Arsenal tak memperpanjang kontraknya. Pun demikian nasibnya tak membaik di Juventus dan kini, pada usia 32 tahun, bermain di Prancis bersama Nice.

Ramsey juga jadi salah satu kapten Arsenal ketika Emery datang, tetapi godaan bermain di Liga Champions dengan Juventus dan gaji yang lebih besar terlalu sulit ditolaknya.

3. Mesut Ozil

Bintang yang direkrut Wenger pada 2013 dari Real Madrid dan Mesut Ozil bermain di Arsenal hingga 2021. Ozil tidak punya masalah besar ketika Arsenal dilatih Emery dan ia jadi salah satu kapten tim.

Hanya saja performanya tidak mencapai ekspektasi yang diharapkan. Situasinya memburuk kala Arteta datang karena Ozil tak lagi jadi andalan di tim utama dan kontraknya diputus Arsenal, enam bulan lebih awal.

Playmaker asal Jerman kini berumur 34 tahun dan juara Piala Dunia dengan Jerman itu saat ini bermain di Turki, bersama Istanbul Basaksehir.

4. Petr Cech

Kota London sudah menjadi bagian dalam kehidupan Petr Cech. Bagaimana tidak, pasca bermain dari 2004 hingga 2015 dengan Chelsea Cech menghabiskan penghujung kariernya di London bersama klub rival, Arsenal (2015-2019).

Empat tahun dengan Arsenal, Petr Cech jadi pemimpin di kamar ganti klub dan para pemain respek kepadanya mengingat kesuksesan besarnya dengan The Blues.

Cech di Arsenal tidak sesukses di Chelsea tapi setidaknya ia memenangi satu Piala FA dan dua Community Shield. Pasca pensiun Cech bekerja di manajemen sebagai Direktur Olahraga Chelsea, tetapi ia terdepak kala klub diambilalih Todd Boehly.

5. Granit Xhaka

Penyintas dari era Unai Emery ke Mikel Arteta. Granit Xhaka (30 tahun) ban kaptennya saat ini memang sudah dicabut, tetapi ia pernah jadi kapten Arsenal kala Emery melatih dan Xhaka seringkali lepas kontrol hingga kelayakannya jadi kapten dipertanyakan.

Akan tapi hal positif dari hal tersebut, plus perseteruannya dengan fans, semakin membuat Xhaka dewasa. Kini ia jadi pemain andalan Arteta di lini tengah bersama Thomas Partey. Xhaka sudah bermain untuk Arsenal sejak2016 pasca diboyong dari Borussia Monchengladbach.

Arsenal Trivia Sepak Bola Granit Xhaka Petr Cech Mesut Ozil Laurent Koscielny Unai Emery
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.365

Bagikan