5 Hal yang Perlu Diketahui dari Nico Gonzalez, Suksesor Sergio Busquets

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 11 November 2021
5 Hal yang Perlu Diketahui dari Nico Gonzalez, Suksesor Sergio Busquets
Nico Gonzalez (Twitter)

BolaSkor.com - Musim 2021-2022 menjadi musim yang sulit bagi Barcelona yang memulai era baru tanpa megabintang asal Argentina, Lionel Messi. Selain Messi pergi, Barca juga melalui fase naik turun.

Itu seakan menjadi klimaks dari kesulitan transfer Barca dalam urusan merekrut pemain karena finansial terkena dampak virus corona. Selain itu dalam perjalanannya Barca juga mendepak Ronald Koeman, menggantinya dengan Xavi Hernandez.

Xavi datang dalam kondisi kesulitan Barca dan akan diberikan waktu untuk membangkitkan performa tim. Barca dalam kondisi sulit dan itu tak diragukan lagi, meski demikian dalam situasi tersebut pun Barca masih menjaga tradisi klub.

Baca Juga:

Mengintip Latihan Perdana Barcelona Asuhan Xavi

Tak Pandang Bulu, Xavi Larang Pique Tampil di Acara Televisi

Prioritas Transfer Musim Dingin Barcelona, Bidik Penyerang

Produk La Masia yang sudah bertahun-tahun melakukan regenerasi tak hentinya menelurkan talenta berbakat. Talenta berbakat itu diberi kans mentas di tim utama, saat ini ada Ansu Fati, Oscar Mingueza, Ronald Araujo, Gavi, dan Nico Gonzalez sebagai produk La Masia di tim utama Barca.

Nama yang disebut terakhir cukup mengundang perhatian. Klausulnya sebesar 500 juta euro dan penampilannya diyakini bisa jadi pemain masa depan Barca. Siapa Nico Gonzalez?

1. Suksesor Sergio Busquets

"Jika kita mencari kesempurnaan di Barcelona, Nico akan menjadi pengganti Busquets untuk bertahun-tahun ke depan," tutur mantan pelatih Barcelona B, Francisco Xavier Garcia Pimienta.

Berposisi sebagai gelandang bertahan, Nico punya kemampuan melapis lini belakang, membaca permainan, dan juga dapat mengatur ritme bermain serta momen melakukan penetrasi. Singkat kata, Nico punya kualitas bermain melebihi Busquets.

"Terlepas dari kenyataan bahwa dia telah bermain selama bertahun-tahun sebagai 'interior' (gelandang tengah), kami jelas melihatnya bahwa dia adalah pivot," terang Fran Artiga, yang melatih Nico sepanjang waktunya di La Masia kepada Goal.

"Dia adalah pemain yang sangat cerdas, tidak hanya di level sepak bola, tetapi juga secara akademis. Dia sangat berbakat, dan itu tercermin di lapangan. Dia akan memiliki proses belajar yang cepat."

2. Gaya Main

Nxgn Football telah menggambarkan dengan jelas permainan Nico Gonzalez. Pemain berusia 19 tahun memiliki segalanya untuk posisi pemain tengah: dapat mengontrol tempo seperti Busquets, plus dribel bola seperti Frenkie de Jong.

Kedua kakinya aktif dan penempatan posisinya bagus. Nico juga tahu momen untuk melakukan penetrasi. Saat ini dia bak berlian muda yang perlu diasah, tapi jika talentanya berkembang maksimal, Nico bisa jadi pemain top Eropa di masa depan.

3. Ketertarikan Manchester City

Pemain dengan tingkat kecerdasan bermain tinggi dan berteknik seperti Nico akan selalu ada dalam radar Pep Guardiola. Nico pun pernah digoda gabung City dengan iming-iming gaji besar, tapi pada akhirnya ia memilih bertahan di Barca.

"Pada usia 16 tahun, dia (Nico) punya penawaran-penawaran impresif untuk bermain di Premier League, yang memberikan penawaran berkali lipat lebih besar dari Barca," ucap Fran yang juga pernah jadi pelatih muda di Man City.

4. Pemain Kunci di Barca B

Sebelum dipromosikan Ronald Koeman pada musim 2021-2022 seiring kepergian Ilaix Moriba, Nico adalah pemain kunci di musim 2020-2021 di Barcelona B. Pada Mei lalu dia mencatatkan 1.682 menit penampilan di bawah arahan Garcia Pimienta.

Hanya Arnau Comas, Mika Marmol, dan Konrad de la Fuente yang bermain lebih banyak darinya di Barca B. Itu sudah memperlihatkan peran krusialnya di lini tengah Barca B.

5. Kata Mereka soal Nico Gonzalez

Banjir pujian hingga kekaguman dituturkan figur-figur penting yang mengenal Nico Gonzalez. Diawali dari Xavier Vilajoana, Kepala Tim Muda Barcelona.

"Nico Gonzalez akan lebih baik dari Sergio Busquets. Dia lebih lengkap. Dia bisa bermain sebagai gelandang tengah karena dia lebih baik saat menyerang, dia lebih intens, dia bermain bagus dengan kepalanya, dia memiliki kaki kanan dengan bermain sangat baik dengan kedua kaki, dia tinggi dan kuat. Tipe no.8 yang khas."

Fran Artiga juga yakin akan masa depan Nico Gonzalez karena debutnya di usia muda di tim utama Barca.

"Xavi dan Iniesta menetap di tim utama pada usia 23 atau 24 tahun, sementara Nico baru berusia 19 tahun. Satu-satunya yang melewatkan semua proses pembelajaran adalah Messi," tambah Artiga.

"Namun, dia (Nico), secara teknis sangat berbakat, sangat cerdas dan fisiknya sempurna. Dengan dia, kami memiliki kesempatan untuk membangun pesepak bola yang spektakuler."

"Saya yakin dia akan jadi pemain penting. Dia bisa melakukannya dengan baik karena dia punya profil pemain Barcelona," imbuh Garcia Pimienta.

Breaking News Sosok Trivia Sepak Bola Barcelona FC Barcelona La Masia Nico Gonzalez
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.835

Bagikan