4 Pemain Manchester United yang Menyeberang Langsung ke Man City

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 04 Maret 2022
4 Pemain Manchester United yang Menyeberang Langsung ke Man City
Carlos Tevez (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United dan Manchester City memiliki rivalitas yang cukup panas di Inggris. Namun hal itu tak menghalangi langkah sejumlah pemain untuk memperkuat kedua klub tersebut.

Derby Manchester menjadi semakin seru dalam satu dekade terakhir. Itu tak lepas dari kebangkitan The Citizens di bawah kendali Sheikh Mansour.

Manchester United memang sempat menjadi penguasa tunggal kota Manchester dalam waktu yang lama. Prestasi Setan Merah dan Manchester City bak langit dan bumi.

Baca Juga:

5 Kemenangan Man City Ketika Bertandang ke Markas Manchester United

9 Pemain Top yang Pernah Membela Duo Manchester

Manchester City Vs Manchester United: Serangan Balik adalah Kunci

Keputusan Sheikh Mansour mengakuisisi Manchester City pada musim panas 2008 mengubah segalanya. Secara perlahan, klub yang identik dengan warna biru langit itu mulai bangkit dan menjelma sebagai penantang gelar.

Puncaknya, Manchester City mampu merebut gelar Premier League perdana pada musim 2011-2012. Trofi itu semakin istimewa karena diraih dengan menyalip Manchester United secara dramatis.

Setelah itu, Manchester City mulai menegaskan diri sebagai penguasa Premier League. Sementara Manchester United mulai terseok-seok sepeninggal Sir Alex Ferguson yang pensiun.

Dari rivalitas panas tersebut, terselip sejumlah pemain yang pernah memperkuat duo Manchester tersebut. Empat di antaranya bahkan menyeberang langsung dari Merah ke biru.

BolaSkor.com telah merangkum empat pemain yang pindah langsung dari Manchester United ke Manchester City. Berikut rinciannya:

1. Carlos Tevez

Tevez bisa dibilang menjadi transfer paling kontroversial yang melibatkan duo Manchester. Ia menyeberang langsung dari Manchester United ke Manchester City pada musim panas 2009.

Tevez awalnya datang ke Manchester United dengan status pinjaman selama dua tahun pada Agustus 2007. Ia dengan cepat menjadi tumpuan serangan bersama Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo.

Tevez mempersembahkan trofi Premier League dan Liga Champions pada musim perdana memperkuat Manchester United. Ia kemudian mempersembahkan empat trofi lagi semusim berselang.

Masalah datang saat masa peminjaman Tevez berakhir. Manchester United keberatan mengeluarkan dana sebesar 25 juta poundsterling untuk membelinya secara permanen.

Pada momen inilah, Manchester City datang menikung. Tevez dengan cepat diresmikan sebagai rekrutan anyar jelang bergulirnya musim 2009-2010.

Kepindahan Tevez itu memancing amarah penggemar Manchester United. Label sebagai pengkhianat langsung disematkan kepada pemain berkebangsaan Argentina tersebut.

Tak Sampai di situ, Tevez kembali membuat marah kubu Manchester United saat merayakan gelar juara Premier League 2011-2012. Ia membentangkan poster 'RIP Fergie' yang diberikan oleh suporter Manchester City.

Hubungan Tevez dan Ferguson memang memburuk saat kepindahannya terjadi. Namun ulahnya yang satu ini terlalu sulit untuk dimaafkan.


2. Owen Hargreaves

Owen Hargreaves mengikuti jejak Tevez dua tahun berselang. Ia pindah langsung dari Manchester United ke Manchester City jelang bergulirnya musim 2011-2012.

Namun kepindahan Hargreaves ini tak terlalu memantik amarah penggemar Manchester United. Itu karena perannya sudah tak terlihat pada musim terakhir di Old Trafford.

Hargreaves diboyong Manchester United dari Bayern Munchen pada musim panas 2007. Ia memainkan peran penting dalam kesuksesan raksasa Inggris itu menjuarai Liga Champions.

Namun Hargreaves mulai menghilang saat memasuki musim kedua. Ia nyaris absen sepanjang musim karena cedera parah.

Masalah tersebut membuat Manchester United enggan memperpanjang kontrak Hargreaves yang habis pada musim panas 2011. Manchester City kemudian menampungnya dengan status bebas transfer.

Namun keputusan Manchester City meminang Hargreaves terbukti keliru. Sang pemain sulit kembali ke performa terbaik sebelum memutuskan pensiun dini pada akhir musimm 2011-2012.


3. Denis Law

Denis Law merupakan salah satu legenda terbesar Manchester United. Bersama George Best dan Sir Bobby Charlton, ia didapuk sebagai United Trinity.

Ketiga merupakan trio maut yang membawa Manchester United ke era kejayaan. Mereka juga bergantian meraih trofi Ballon d'Or.

Namun pada penghujung kariernya tepatnya musim 1973-1974, Law memilih pindah ke Manchester City. Sebelumnya ia lebih dulu memperkuat tim ini pada periode 1960-1961.

Law tak punya maksud khusus saat memutuskan pindah ke Manchester City. Namun pada akhirnya, ia menghadirkan luka terbesar bagi Manchester United.

Law mencetak gol tunggal kemenangan Manchester City ke gawang Manchester United pada akhir musim 1973-1974. Gol itu ironisnya membuat Manchester Merah harus terdegradasi.

Law sendiri tidak merayakan gol tersebut. Hal inilah yang menjadi salah satu dirinya tetap dicintai penggemar Manchester United.


4. Terry Cooke

Nama Terry Cooke mungkin masih asing di telinga pecinta sepak bola. Namun ia menjadi satu dari sedikit pemain Manchester United yang menyeberang langsung ke Manchester City.

Cooke merupakan salah satu produk akademi Manchester United yang berposisi sebagai sayap. Ia dipromosikan ke tim utama pada September 1995.

Namun Cooke gagal merebut tempat utama karena kalah bersaing dengan Ryan Giggs dan David Beckham. Manchester United pun meminjamkannya ke sejumlah klub.

Manchester City menjadi salah satu klub yang menggunakan jasa Cooke pada musim 1998-1999. Saat itu mereka masih bertarung di divisi dua.

Manchester City kemudian mempermanenkan status Cooke dengan biaya 1 juta poundsterling pada April 1999. Namun kariernya tetap tak bersinar hingga namanya terlupakan.

Derby Manchester Manchester City Manchester United Carlos tevez Denis Law Owen Hargreaves Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan